5 Manfaat Aplikasi Absen Karyawan Online untuk SDM di Kantor

Posted on

5 Manfaat Melamar Absensi Karyawan Secara Online Untuk Sumber Daya Manusia Kantor

aplikasi-absen-karyawan

Benarkah penggunaan permintaan absensi online di kantor saling menguntungkan bagi karyawan dan perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan aplikasi online untuk absen dari kantor menawarkan banyak keuntungan bagi departemen SDM. Selain karyawan, perusahaan juga sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Singkatnya, aplikasi pelacakan waktu online memiliki banyak kegunaan bukan hanya menjadi pelacakan kehadiran karyawan. Pemimpin bisnis juga dapat melakukan analisis berdasarkan data yang masuk.

Efisiensi kerja akan meningkat dan pelaporan tidak akan memakan banyak waktu. Berikut adalah beberapa manfaat lagi dari aplikasi absen karyawan online untuk karyawan dan bisnis.
Manfaat Menggunakan Aplikasi Kehadiran Karyawan Online

Anda sudah memiliki alat absensi manual, kenapa harus menggunakan sistem online? Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa hal berikut, Anda mungkin ingin segera beralih.

1. Tidak ada kecurangan

Memang tidak mudah untuk memantau keakuratan catatan kehadiran karyawan saat menggunakan sistem manual. Seseorang dapat meninggalkan ketidakhadiran dan terlambat atau pergi ke tempat lain.

Tetapi aplikasi absen online mengantisipasi hal ini dengan sistem GPS dan pemindaian wajah. Anda ketahuan curang ketika Anda tidak ada di lokasi di luar situs atau wajah Anda tidak cocok dengan database.

Selain itu, manajer dapat langsung mengirimkan notifikasi ke ponsel karyawan. Ini adalah cara modern untuk mempraktikkan disiplin.

2. Pelaporan lebih cepat

Anda dapat membayangkan bahwa sebuah perusahaan memiliki 1.000 karyawan. Pasti banyak yang harus kerja lembur di akhir bulan untuk mengurus laporan kehadiran.

Ini adalah manfaat lain dari aplikasi pelacakan waktu online, terutama bagi para pemimpin bisnis. Tim SDM tidak perlu lagi membuat entri manual karena ringkasan diringkas secara otomatis.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menyalin dan menempelkan data atau mengurutkannya menurut parameter tertentu. Di akhir bulan, Anda hanya perlu membuka hasilnya dan mencetaknya sebagai laporan. Itu menghemat waktu, menghemat energi.

3. Pengajuan aplikasi praktis

Sebelum era digital, ketika karyawan ingin meluangkan waktu, prosesnya cukup panjang. Belum lagi menunggu keputusan disetujui atau tidaknya liburan.

Kini Anda tidak perlu khawatir menunggu lama. Melamar liburan bisa sesederhana mengirim pesan di ponsel Anda. Persetujuan tidak akan lama.

Kepraktisan ini menghemat banyak hal, terutama waktu dan sumber daya, karena semua kendali ada di tangan.

4. Akurasi waktu yang tinggi

Karena lembar kehadiran dan jam kerja biasanya mempengaruhi penggajian, akurasi yang tinggi sangat penting. Eksekusi manual dapat mengakibatkan kesalahan perhitungan dan merugikan karyawan atau perusahaan.

Selain itu, aplikasi pencatat waktu online juga menawarkan konfigurasi lembur. Karyawan tidak lagi dipaksa untuk bekerja di luar jam kerja mereka. Semuanya disinkronkan secara otomatis dan tidak ada yang bisa memprotesnya.

5. Efisiensi biaya operasi

Aplikasi waktu dan kehadiran online tidak memerlukan perawatan seperti mesin fisik. Selama Anda berlangganan, kelancaran sistem menjadi tanggung jawab penyedia. Bahkan jika Anda memiliki kantor cabang lain, Anda tidak perlu membeli peralatan baru.

Di sistem lama, perusahaan juga harus mengeluarkan uang untuk beberapa alat pendukungnya. Namun semua itu kini telah digantikan oleh ponsel setiap karyawan.

Penganggaran biaya sistem absensi juga jauh lebih hemat. Di satu sisi, karyawan tidak perlu membayar langganannya karena sudah ditagihkan ke perusahaan.
Pendaftaran online untuk berpartisipasi sangat membantu

Dapat disimpulkan bahwa keberadaan aplikasi online untuk kehadiran karyawan sangat bermanfaat bagi semua pihak. Kemudahan, efisiensi waktu dan aksesibilitas meningkatkan produktivitas.

Anda dapat menemukan manfaat ini dalam permintaan cuti online untuk karyawan seperti Talenta. Kelola data kehadiran dengan lebih mudah dan akses dari mana saja. (Rl)

Sumber :