Bukit Lawang Sembalun: lokasi, aktivitas wisata, harga tiket masuk

Posted on

Ada sebuah desa wisata di Lombok yang menawarkan tempat-tempat menarik untuk kegiatan paralayang. Tempatnya adalah Bukit Lawang yang terletak di kawasan Desa Wisata Sembalun.

Tempat ini sangat ideal untuk pemula maupun penggemar paralayang profesional seperti Batu Paragliding. Karena ada wisata paralayang yang bisa Anda coba bersama dengan instrukturnya.

Bukit-Lawang-Sembalun-lokasi-aktivitas-wisata-harga-tiket-masuk

Bukit Lawang Sembalun: lokasi, aktivitas wisata, harga tiket masuk

Kegiatan paralayang ini bisa menjadi alternatif kegiatan wisata bagi pecinta tantangan. Adrenalin langsung terpacu saat tubuh Anda mulai melambung dan melambung melalui medan berbukit.

Tentunya kegiatan tersebut menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Apalagi dengan suguhan pemandangan alam perbukitan di kaki Gunung Rinjani yang indah.

Sekilas Tentang Bukit Lawang Sembalun

Bukit Lawang adalah tempat wisata khusus untuk kegiatan wisata paralayang di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok. Tempat wisata keren ini menawarkan ide rekreasi yang berbeda dan tentunya menantang.

Tahun 2013 adalah awal kemunculan Sembalun Paralayang. Berawal dari sekelompok fotografer dari Mataram yang bermain paralayang di sini.

Melihat keseruan tersebut, salah satu anggota SCDC (Pusat Pengembangan Masyarakat Sembalun) tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang olahraga ekstrim ini.

Kemudian ia menyampaikan niatnya untuk mengembangkan olahraga tersebut sebagai kegiatan wisata di Sembalun. Beberapa anggota masyarakat juga mulai menekuni paralayang dan mencobanya langsung di salah satu puncak bukit.

Seiring waktu, keterampilan mereka berkembang sampai mereka menjadi instruktur, mengantongi lisensi resmi. Sekitar tahun 2016 teman-teman dari SCDC mendirikan klub paralayang bernama Sembalun Paragliding Club.

Sejak saat itu, wisatawan yang ingin bermain atau belajar paralayang bisa datang langsung ke tempat wisata Lombok di Sembalun. Padahal, kegiatan ini merupakan cara baru menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya.
Atraksi Bukit Lawang Sembalun

Paralayang Bukit Lawang Sembalun

Lalu apa saja daya tarik di tempat wisata ini? Ada beberapa atraksi yang menarik banyak wisatawan untuk datang ke kawasan perbukitan ini. Berikut daftarnya:
paralayang

Daya tarik utama dari wisata gunung ini adalah paralayang yang aman dan tentunya sangat menyenangkan.

Sama seperti bukit paralayang di Bukit Sibea-Bea, setiap wisatawan yang ingin mencoba paralayang akan didampingi oleh instruktur profesional.

Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan Anda. Karena selain bantuan instruktur, penggunaan peralatan paralayang yang aman juga wajib.
Pemandangan keindahan bukit

Saat Anda terbang, mata Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan yang indah. Perbukitan di kaki Gunung Rinjani terlihat subur dan hijau. Sesekali terhampar sawah milik warga.

Anda akan dibuat takjub saat melintasi dua bukit yaitu Bukit Pengasingan dan Bukit Telaga yang terlihat seperti dua bukit kembar. Begitu juga dengan keindahan pemandangan pantai Selong Belanak yang tampak dari kejauhan
pelatihan paralayang

Komunitas paralayang di Sembalun juga membuka layanan pelatihan bagi wisatawan yang ingin mendalami paralayang. Anda akan diberikan beberapa pilihan latihan nantinya.

Mulai dari tahap ground handling hingga tahap jumping pertama. Jika Anda memenuhi syarat secara teknis, Anda dapat melanjutkan ke masa percobaan untuk mendapatkan lisensi.
Fasilitas di Bukit Lawang Sembalun

Fasilitas di Bukit Lawang Sembalun

Berbeda dengan Pantai Pink atau tempat wisata populer Lombok pada umumnya, tempat wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang minim. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di atas bukit.

Satu-satunya fasilitas disini adalah fasilitas antar jemput wisata dari penginapan atau hotel. Untuk fasilitas umum, Anda bisa menggunakan fasilitas umum yang ada di Desa Wisata Sembalun.

Daftar fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Misalnya fasilitas kamar mandi dan toilet. Ada juga banyak akomodasi dalam kisaran harga yang berbeda. Biasanya banyak wisatawan yang berbelanja oleh-oleh khas Lombok di sini.

Cukup banyak penginapan yang menawarkan produk UMKM asli buatan masyarakat setempat. Hal ini tentunya menjadi peluang yang baik bagi para penggiat UMKM di Sembalun.

Fasilitas parkir juga tersebar di beberapa tempat, sesuai dengan lokasi tempat wisata yang ada. Tentunya juga terdapat warung makan, restoran atau warung makan yang tentunya memegang peranan penting dalam sebuah objek wisata.

Sebagian besar menu yang disajikan adalah makanan khas Lombok. Namun, ada pilihan menu Indonesia lainnya yang rasanya tak kalah enak.
Harga tiket masuk Bukit Lawang Sembalun

f

LIHAT JUGA :

salsawisata.com

Rental Mobil Jogja