Cara Cek Windows Ori: Asli Atau Bajakan (Simpel)

Posted on

Kemajuan teknologi pada beberapa abad belakangan mengilhami terciptanya perangkat-perangkat seperti PC dan laptop. Keduanya merupakan perangkat yang dibutuhkan untuk banyak keperluan seperti untuk urusan pekerjaan, kuliah, atau bahkan untuk sekedar mengakses hiburan.

Namun kedua perangkat itu tidak dapat bekerja secara optimal tanpa sistem operasi. Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. Jika Anda menggunakannya, setidaknya Anda harus mengetahui cara cek windows ori atau asli dan bajakan.

2 Cara Cek Windows Ori: Asli Atau Bajakan (Simpel)

Tanpa tersemat sistem operasi, perangkat PC atau laptop Anda tidak dapat mengontrol berbagai fungsi dari berbagai aspek hardware seperti harddisk, memori, CPU, dan lainnya. Selain itu sistem operasi juga memiliki fungsi agar software yang pada perangkat Anda dapat terhubung dengan perangkat keras.

Jika pada perangkat Anda sudah tersemat sistem operasi Windows, salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan ialah memeriksa ke-aslian dari Windows yang Anda pakai. Hal itu akan sangat bermanfaat untuk keamanan penggunaan perangkat. Ikuti cara-cara berikut untuk mengetahuinnya:

1. Periksa Lisensi Windows Anda

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Command Prompt (CMD) pada perangkat Anda. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, nyalakan PC atau laptop Anda. Jika sudah, klik menu Start di bagian pojok kiri bawah
  • Lalu ketik keyword “run” di kolom Search yang tersedia. Jika menu yang dicari sudah muncul, buka fitur Run
  • Ketika terbuka, akan muncul sebuah kolom pencarian. Ketik keyword “cmd” lalu tekan Enter untuk mencari aplikasi Command PromptKetika-terbuka-akan-muncul-sebuah-kolom-pencarian.-Ketik-keyword-cmd-lalu-tekan-Enter-untuk-mencari-aplikasi-Command-Prompt
  • Jika jendela CMD sudah terbuka, saatnya untuk memeriksa lisensi Windows pada PC atau laptop Anda. Ketik keyword “smgr/xpr” (tanpa tAnda petik) di Command Prompt, lalu tekan EnterJika-jendela-CMD-sudah-terbuka-saatnya-untuk-memeriksa-lisensi-Windows-pada-PC-atau-laptop-Anda
  • Jika sudah, akan muncul pop up berupa kotak dialog yang berisikan Windows Script Host. Cara mengetahui asli atau palsu nya sistem operasi Windows Anda ialah dengan melihat tulisan yang muncul di kotak dialog
  • Jika tulisan yang muncul ialah “The machine is permanently actived”, maka dapat dipastikan bahwa Windows yang tersemat pada perangkat Anda adalah asliJika-tulisan-yang-muncul-ialah-The-machine-is-permanently-actived-maka-dapat-dipastikan-bahwa-Windows-yang-tersemat-pada-perangkat-Anda-adalah-asli

Selain “slmgr/xpr”, terdapat juga kode lain yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa aktivasi Windows pada perangkat Anda, yakni sebagai berikut:

  • slmgr/ato”: menunjukkan aktivasi Windows beserta dengan key nya
  • slmgr/dli”: menunjukkan partial key beserta status aktivasi
  • slmgr/dlv”: menunjukkan seluruh informasi mengenai aktivasi dari Windows yang tersemat pada perangkat

2. Periksa Keaslian Windows Melalui Task Manager

Cara cek Windows ori selanjutnya ialah dengan melakukan sebuah trik sederhana yang bisa memperlihatkan keaslian sistem operasi Windows yang terpakai pada perangkat Anda. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:

  1. Pertama nyalakan perangkat Anda
  2. Jika sudah, klik kanan pada Task Bar
  3. Lalu akan muncul berbagai pilihan, pilih menu Start Task ManagerLalu-akan-muncul-berbagai-pilihan-pilih-menu-Start-Task-Manager
  4. Kemudian akan terlihat aplikasi-aplikasi yang aktif pada perangkat Anda. Jika terdapat aplikasi seperti Windows Patcher, Windows Reloader, Windows Activator, KMSpico, serta aplikasi ilegal lainnya, itu artinya Anda menggunakan Windows palsu pada perangkat AndaKemudian-akan-terlihat-aplikasi-aplikasi-yang-aktif-pada-perangkat-Anda

PC atau laptop merupakan perangkat yang digunakan banyak orang untuk keperluan sehar-hari. Bahkan perangkat yang satu ini kini termasuk perangkat yang paling dibutuhkan. Banyak pekerjaan yang membutuhkan PC atau laptop dalam aktivitasnya.

Untuk itu, kenyamanan penggunaan pastinya dibutuhkan oleh para pengguna PC atau laptop. Salah satu caranya ialah dengan memeriksa keaslian sistem operasi pada perangkat. Untuk itu, cara cek  windows ori atau bajakan di atas mungkin dapat membantu Anda. Selamat melakukan pengecekkan!