cara-instal-windows-10-dengan-flashdisk-mudah-dan-simpel

Cara Install Windows 10 dengan Flashdisk (Mudah Dan Simpel)

Windows 10 dikenal sebagai salah satu sistem operasi generasi terbaru yang dikeluarkan vendor Microsoft. Bagi yang ingin menggunakan Windows 10 disarankan untuk menggunakan versi terbaru saja. Tujuannya agar tidak usah melakukan upgrade yang cukup merepotkan.

 

Bagi sebagian orang,cara install Windows 10 sangat sulit dilakukan. Padahal caranya tidak terlalu rumit asalkan mematuhi pedoman yang sudah disediakan. Bagi yang ingin install Windows 10, Anda bisa menggunakan flashdisk karena lebih mudah dan tidak ribet. Simak saja tutorialnya di artikel ini.

 

Persiapan Install Windows 10

Sebelum membahas mengenai cara install Windows 10, Anda harus melakukan beberapa persiapan yang penting agar proses instalasi bisa dilakukan dengan lancar dan akhirnya Windows 10 bisa digunakan sebagaimana mestinya. Berikut beberapa persiapannya

 

1. Backup data terlebih dahuluBackup-data-terlebih-dahulu

Perlu diingat bahwa proses instalasi Windows 10 itu nantinya bakal menghapus data pribadi yang Anda miliki, khususnya yang tersimpan di Data C. Tentunya data yang tersimpan harus dibackup supaya tidak hilang saat proses instalasi.

 

Anda bisa menggunakan penyimpanan di data D ataupun media penyimpanan eksternal lain, misalnya seperti hardisk maupun flashdisk. Pastikan data penting yang tersimpan sudah dipindahkan dari Data C semuanya.

 

2. Ketahui spesifikasi yang harus ada di perangkatKetahui-spesifikasi-yang-harus-ada-di-perangkat

Hal yang tidak boleh sampai lupa ketika ingin install Windows 10 adalah ketahui terlebih dahulu sistem reguirements. Hal ini bertujuan agar proses instalasi bisa dilakukan dengan baik. Usahakan laptop mempunyai spesifikasi yang sama dengan syarat minimal sebagai berikut:

 

Prosessor1 Gigahertz atau di atasnya
RAM1 GB untuk 32 bit, atau

2 GB untuk 64 bit

Hardisk16 GB untuk 32 bit, atau

20 GB untuk 64 bit

Graphics CardDirectX 9
Display800 x 600

 

3. Tipe prosessorTipe-prosessor

Cara install Windows 10 tidak akan berjalan dengan baik jika Anda tidak mengecek bagian prosessor yang digunakan terlebih dahulu. Prosessor yang digunakan apakah menggunakan versi 32 bit atau 64 bit. Ini penting agar bisa disesuaikan dengan sistem operasi Windows 10 yang bakal digunakan nantinya.

 

Caranya masuk saja ke menu Windows Explorer dan klik kanan pada setting menu This PC. Berikutnya tinggal memilih menu Properties dan terakhir klik pada bagian System type. Di sini, Anda tahu jenis prosessor dan tipe yang digunakan di laptop atau komputer.

 

4. Siapkan flashdiskSiapkan-flashdisk

Setelah tipe prosessor diketahui, langkah berikutnya adalah membuat bootable agar bisa melakukan instalasi. Perlu diingat pastikan sesuai dengan tipe prosessor yang digunakan agar nanti lebih maksimal saat instalasi. Medianya tentu menggunakan flashdisk seperti yang dibahas di artikel ini.

 

5. Melakukan Booting Media Bootable

Cara install Windows 10 tidak akan berjalan jika tidak melakukan booting pada media bootable terlebih dahulu. Booting flashdisk sama dengan boot di DVD. Berikut tutorialnyal

 

  1. Pertama-tama Anda wajib untuk menyalakan menu BIOS dari laptop yang digunakan. Caranya tinggal menekan tombol; F2,Esc, Del atau DLL. Setiap seri laptop berbeda, sesuaikan saja dengan laptop masing-masing.Pertama-tama-Anda-wajib-untuk-menyalakan-menu-BIOS-dari-laptop-yang-digunakan
  2. Setelah masuk ke menu BIOS, geser ke bagian tab Boot dan atur media melalui flashdisk agar ada di bagian atasSetelah-masuk-ke-menu-BIOS-geser-ke-bagian-tab-Boot-dan-atur-media-melalui-flashdisk-agar-ada-di-bagian-atas
  3. Berikutnya pindah ke tab Exit dan temukan menu Exit Saving Changes. Setelah muncul jendela baru klik saja Yes.
  4. Berikutnya laptop bakal restart sendiri. Nanti ada halaman baru yang muncul, tekan saja Enter.

Tampilan BIOS untuk setiap laptop memang berbeda-beda karena disesuaikan dengan seri masing-masing. Ketika mengatur bagian boot priority, yang paling penting disini  adalah menempatkan media yang digunakan supaya ada di bagian paling atas sebelum install Windows 10.

 

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Setelah berhasil melakukan booting ke bootable, berikutnya Anda bakal dihadapkan ke tampilan awal Windows Setup. Setelah itu ikuti saja proses instalasinya berikut:

 

  1. Pada halaman awal menu Windows Setup, ubah dulu bagian Time and currency format agar menjadi Indonesia. Setelah itu klik Next agar bisa melanjutkan proses instalasi Windows 10.Pada-halaman-awal-menu-Windows-Setup-ubah-dulu-bagian-Time-and-currency-format-agar-menjadi-Indonesia
  2. Masih di jendela yang sama, yakni Windows Setup, langsung saja pilih bagian Install Now supaya nanti proses instalasi Windows 10 bisa langsung dimulai.
  3. Bagi yang sudah ada fitur product key, silahkan masuk ke bagian kolom yang sudah disediakan dan kemudian klik menu Next untuk melanjutkan langkah tadi. Bagi yang belum memiliki product key, Anda bisa melanjutkan cara install Windows 10 ini tanpa menggunakan product key. Klik di bagian I don’t have a product key.Bagi-yang-sudah-ada-fitur-product-key-silahkan-masuk-ke-bagian-kolom-yang-sudah-disediakan-dan-kemudian-klik-menu-Next-untuk-melanjutkan-langkah-tadi
  4. Pada bagian menu Applicable notices and license terms, jangan lupa centang untuk bagian kata I accept the license terms dan berikutnya klik saja Next untuk melanjutkan langkah.Pada-bagian-menu-Applicable-notices-and-license-terms-jangan-lupa-centang-untuk-bagian-kata-I-accept-the-license-terms-dan-berikutnya-klik-saja-Next-untuk-melanjutkan-langkah
  5. Di halaman berikutnya, Anda bakal diberi pilihan tipe instalasi yang akan dilakukan. Tipe instalasi yang disediakan adalah Upgrade ataupun Custom. Silahkan langsung pilih saja bagian custom : Install Windows only (Advanced)
  6. Bagi yang melakukan proses install ulang usahakan flashidisk maupun hardisk sudah mempunyai partisi. Berikutnya Anda tinggal fokus di dua partisi pertama saja. silahkan hapus partisi tersebut dengan klik Partisi dan klik Delete.
  7. Setelah partisi tersebut dihapus, nantinya akan muncul menu Unallocated space. Silahkan Anda klik partisi dan klik new di kolom Size. Biarkan default untuk partisi yang ada karena nanti akan digunakan di partis yang belum terpakai.Setelah-partisi-tersebut-dihapus-nantinya-akan-muncul-menu-Unallocated-space
  8. Nantinya akan muncul halaman baru, klik saja OK. Tujuannya agar partisi file sistem bisa dilakukan secara otomatis. Selanjutkan partisi bakal bertambah menjadi dua. Klik partisi dua dari atas dan klik next untuk cara install Windows 10
  9. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses instalasi hingga selesai. Biasanya proses instalasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena mencapai 30 menit. Jadi pastikan baterai laptop memadai agar instalasi tidak terganggu.

Setelah instalasi ini selesai nantinya laptop akan restart otomatis. Ketika perangkat laptop memulai melakukan restart, biasanya bakal muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD. Perlu diingat Anda jangan menekan tombol apapun supaya proses instalasi tidak diulangi.

 

Sampai disini, proses instalasi ini sudah selesai dilakukan. Perlu diingat bahwa proses konfigurasi ini memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Cara install Windows 10 memang tergolong cukup rumit tapi setelah berhasil akan sangat bermanfaat untuk sistem operasi perangkat.

 

 

Baca Juga :