17 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android (Mudah dan Simpel)

Posted on

9apps.id – Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat berbagai perubahan pada banyak aspek kehidupan. Banyak aktivitas-aktivitas yang dahulu dilakukan secara konvensional kini dilakukan dengan pemanfaatan teknologi. Karena itu aktivitas digital kini semakin marak.

Bersamaan dengan berkembangnya perangkat gadget seperti Android, internet semakin digandrungi. Perangkat Android Anda pastinya semakin optimal bila memiliki koneksi internet yang baik. Di bawah ini akan kami jabarkan cara mempercepat koneksi WiFi di Android (mudah dan simpel).

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android

Dengan koneksi WiFi yang cepat, aktivitas Anda dalam menggunakan Android pastinya menjadi lebih efektif. Seperti jika Anda melakukan aktivitas download, dengan koneksi internet yang cepat pastinya akan menghemat waktu Anda dalam melakukannya. Ikuti tips di bawah ini untuk mewujudkannya:

1. Menutup Aplikasi Belakang LayarMenutup-Aplikasi-Belakang-Layar

Pada aktivitas penggunaan Android, anda pasti seringkali bergonta-ganti aplikasi. Ketika anda keluar dari aplikasi, aplikasi itu seringkali masih tersimpan di belakang layar. Terlebih jika aplikasi tersebut bersifat online. Untuk itu, tutup berbagai aplikasi online yang masih terbuka di belakang layar perangkat anda.

2. Perhatikan Versi BrowserPerhatikan-Versi-Browser

Kecepatan dari jaringan yang digunakan juga tergantung dari versi browser yang digunakan. Jika anda menggunakan browser versi lama, hal itu dapat memperlambat kecepatan jaringan WiFi dari yang seharusnya. Untuk itu, periksa versi browser anda. Pastikan anda menggunakan versi terbaru

3. Lakukan Konfigurasi Langsung Pada Perangkat AndroidLakukan-Konfigurasi-Langsung-Pada-Perangkat-Android

Cara mempercepat koneksi WiFi di Android (mudah dan simpel) adalah dengan mengkonfigurasinya melalui perangkat Android Anda. Ikuti langkah di bawah ini untuk memulai:

  • Pastikan Android Anda dalam keadaan stand by
  • Pada home screen pilih tab Menu
  • Buka menu Setting pada perangkat Android Anda
  • Kemudian akan muncul berbagai opsi untuk mengatur kerja perangkat, pilih menu Wireless and Network Options
  • Lalu akan muncul halaman baru, pilih menu WiFi Setting
  • Pilih Advance Options
  • Jika sudah, pilih menu WiFi Optimization

4. Menghapus File Sampah Pada BrowserMenghapus-File-Sampah-Pada-Browser

Kecepatan jaringan pastinya dipengaruhi oleh performa browser yang digunakan. Salah satu cara untuk meningkatkan performa browser adalah dengan menghapus file-file sampah yang tidak diperlukan seperti file cookies, chache, bahkan history yang menumpuk pada browser yang anda gunakan.

5. Gunakan Browser TerbaikGunakan-Browser-Terbaik

Banyak sekali browser-browser yang bisa anda pilih untuk digunakan pada perangkat Android anda. Browser yang berkualitas pastinya mampu mengoptimalkan kecepatan internet anda. Untuk itu, gunakan browser-browser yang memiliki kualitas mumpuni.

Banyak sekali browser-browser terbaik yang bisa anda gunakan pada perangkat anda seperti Opera Mini, Mozila Firefox, Google Chrome, Dolphin, maupun UC Browser

6. Perbarui Firmware RouterPerbarui-Firmware-Router-scaled

Salah satu cara untuk meningkatkan jaringan WiFi yang dilakukan oleh para produsen router ialah dengan memperbarui software untuk perangkat yang mereka jual. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan memperbarui firmware pada router anda.

7. Tempatkan Router di Lokasi StrategisTempatkan-Router-di-Lokasi-Strategis

Salah satu yang paling berpengaruh terhadap kecepatan jaringan WiFi ialah kekuatan sinyal. Kekuatan sinyal sangat dipengaruhi oleh jarak antara sumber jaringan dengan perangkat yang menggunakan jaringan. Untuk itu, letakkan router pada lokasi strategis di rumah anda.

Perhatikan kebiasaan anda dalam menggunakan internet. Jika anda biasa mengakses WiFi dari kamar, letakkan router di lokasi yang tidak terlalu jauh dari kamar. Sesuaikan juga kapasitas daya jangkau yang dimiliki router anda dalam memancarkan sinyal WiFi.

8. Gunakan Aplikasi WiFi Booster & AnalizerGunakan-Aplikasi-WiFi-Booster-Analizer

Aplikasi yang terakhir kali diupdate pada tahun 2018 ini bisa Anda download melalui Google Play Store pada perangkat android Anda. WiFi Booster & Analizer memungkinkan pengguna Android agar jaringan WiFi yang terkoneksi dapat dianalisa berbagai aspeknya termasuk kecepatan.

Selain itu, salah satu kelebihan unggulan aplikasi ini ialah dapat mempercepat jaringan WiFi pada perangkat Android Anda. Berikut ini ialah daftar informasi yang akan Anda dapatkan jika menggunakan WiFi Booster & Analizer:

  • Frekuensi jaringan
  • Keamanan jaringan
  • Kekuatan sinyal
  • SSID jaringan komputer
  • MAC Adress

9. Gunakan Aplikasi WiFi Doctor-DetectGunakan-Aplikasi-WiFi-Doctor-Detect

WiFi Doctor-Detect memungkinkan penggunanya untuk memberi pengamanan terhadap penggunaan koneksi internet. Selain dapat mendeteksi jaringan WiFi, aplikasi ini juga dapat meningkatkan kecepatan internet pada perangkat Android.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara Cuma-Cuma melalui Google Play Store pada perangkat Android Anda. Kelebihan lainnya ialah aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendeteksi semua perangkat yang terhubung ke koneksi jaringan yang Anda tuju.

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur menarik dari WiFi Doctor-Detect yang bisa Anda simak di bawah ini:

  • Meningkatkan kecepatan jaringan yang dituju
  • Memeriksa keamanan pada jaringan WiFi
  • Mendeteksi jaringan WiFi di sekitar
  • Superboost (untuk yang satu ini akan memakan bandwith pada perangkat Android Anda, hal itu akan menutup sebagian aplikasi belakang layar pada perangkat Anda secara otomatis)

10. Gunakan Aplikasi Veloxity – WiFi & Mobile Network SpeedGunakan-Aplikasi-Veloxity-WiFi-Mobile-Network-Speed

Sebagai developer yang membuat berbagai aplikasi di Android, Veloxity membuat sebuah aplikasi yang berfungsi untuk meng-utilize kualitas dari jaringan yang terhubung dengan perangkat Android penggunanya. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur menarik sebagai berikut:

  • Memutuskan perangkat asing yang terhubung dengan WiFi rumah Anda
  • Dapat menyeleksi jaringan WiFi terbaik di sekitar perangkat
  • Mengukur kecepatan dari aplikasi
  • Membatasi penggunaan data internet pada perangkat penggunanya
  • Memaparkan perbandingan antar kecepatan jaringan WiFi dengan jaringan data seluler perangkat Android. Hal ini memungkinkan pengguna WiFi & Mobile Network Speed memilih jaringan terbaik berdasarkan kecepatannya
  • Mendeteksi kekuatan sinyal jaringan
  • Mendeteksi beban jaringan WiFi
  • Mendeteksi berbagai aspek gangguan pada jaringan

11. Gunakan Aplikasi WiFi SwitcherGunakan-Aplikasi-WiFi-Switcher

Salah satu cara mempercepat koneksi WiFi di Android (mudah dan simpel) yang bisa Anda coba ialah dengan menggunakan aplikasi WiFi Switcher. Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi melalui website com
  • Cari aplikasi WiFi Switcher melalui fitur search pada website
  • Jika sudah, terdapat ikon bertuliskan Download APK. Klik ikon tersebut
  • Lalu Anda akan memasuki halaman baru. Pada halaman tersebut terdapat tulisan ”If the download doesn’t start, click here”, klik pada tulisan Click Here
  • Jangan lupa simpan file APK tersebut di folder yang mudah ditemukan
  • Jika proses download telah selesai, buka folder tempat Anda menyimpan berkas
  • Sebelum melakukan install, aktifkan mode untuk mengizinkan perangkat mengakses aplikasi dari sumber tidak dikenal melalui menu Setting > Additional Setting > Privacy. Kemudian terdapat menu Unknown Sources, klik menu tersebut untuk mengaktifkannya
  • Kemudian install WiFi Switcher dengan mengikuti instruksi yang ada
  • Jika proses instalasi telah selesai, buka aplikasi tersebut
  • Ketika memasuki aplikasi, pada tampilan awal terdapat tab Access Points yang berisikan berbagai jaringan yang ada di sekitar perangkat. Pada setiap jaringan terdapat kotak kecil dengan tulisan Preffered di sisinya, ceklis kotak tersebut pada jaringan yang ingin Anda gunakan
  • Lalu di bagian pojok kanan atas terdapat ikon berupa titik 3 berbaris secara vertikal, klik ikon tersebut
  • Kemudian pilih Setting. Lalu Anda akan memasuki halaman baru yang menampilkan berbagai menu untuk mengatur jaringan. Silahkan sesuaikan kekuatan sinyal sesuai kebutuhan Anda
  • WiFi Switcher memiliki fitur yang memungkinkan perangkat mengganti sinyal ke jaringan lain secara otomatis. Jika Anda ingin mendapat pemberitahuan terlebih dahulu sebelum aplikasi mengganti jaringan secara otomatis, aktifkan menu Ask Before Switching
  • Jika sudah, kecepatan jaringan WiFi Anda akan meningkat

12. Merestart Modem WiFiMerestart-Modem-WiFi

Gangguan pada jaringan bisa jadi disebabkan oleh server provider yang digunakan. Namun tak menutup kemungkinan gangguan tersebut ditimbulkan karena modem WiFi yang bermasalah. Salah satu cara termudah untuk mengatasinya ialah dengan merestart modem WiFi anda.

13. Jauhkan Router dari Perangkat ElektronikJauhkan-Router-dari-Perangkat-Elektronik

Salah satu cara mempercepat koneksi WiFi di Android (mudah dan simpel) ialah dengan menjauhkan router dari perangkat elektronik. Sinyal yang dipancarkan oleh router dapat terganggu dengan sinyal yang dipancarkan oleh perangkat elektronik.

Untuk itu, sebaiknya jangan letakkan router di dekat perangkat-perangkat seperti TV, monitor PC, speaker, dan alat elektronik lainnya.

14. Jauhkan Router dari Perangkat WirelessJauhkan-Router-dari-Perangkat-Wireless

Perangkat wireless yang diletakkan berdekatan dengan router juga dapat mengganggu sinyal yang dipancarkan router. Sebaiknya jauhkan router dari perangkat-perangkat wireless seperti speaker bluetooth

15. Ganti ChannelGanti-Channel

Cara mempercepat koneksi WiFi di Android selanjutnya ialah dengan mengganti channel router WiFi Anda. Jika kalian tinggal di daerah yang terdapat banyak pengguna WiFi, bisa jadi Anda berbagi channel yang sama dengan pengguna WiFi lainnya.

Hal itu dapat membuat access points dan router milik Anda terganggu. Solusi untuk hal itu bisa Anda lakukan dengan menggantinya ke channel yang lebih sepi. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Untuk melakukannya gunakan PC atau laptop Anda
  • Klik menu Start
  • Buka aplikasi bawaan Command Prompt
  • Jika aplikasi telah terbuka, ketik “netsh wlan show all
  • Lalu tekan Enter
  • Jika sudah, akan muncul berbagai informasi mengenai jaringan dan channel di sekitar Anda. Carilah channel yang tidak terlalu padat untuk meningkatkan kecepatan jaringan Anda

16. Menggunakan Antena DIYMenggunakan-Antena-DIY

Cara yang satu ini cukup sederhana dan mampu untuk mempercepat jaringan WiFi walaupun tidak terlalu signifikan. Untuk melakukannya, Anda bisa membuat antena DIY sendiri di rumah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya:

  • Siapkan kaleng minuman bekas
  • Potong bagian atas dan bawah kaleng
  • Selanjutnya untuk menjadikannya lembaran metal, potong kaleng di bagian tengah
  • Jika sudah, letakkan kaleng yang sudah dipotong di belakang router menyerupai bentuk parabola (biarkan bagian depan kaleng terbuka)
  • Jika sudah, kecepatan jaringan Android Anda akan semakin baik

17. Aktifkan Mode Aggressive WiFi to Celuller HandoverAktifkan-Mode-Aggressive-WiFi-to-Celuller-Handover

Anda bisa mengaktifkan mode tersebut pada perangkat Android Anda dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama buka menu Setting pada perangkat Android
  • Lalu pilih menu Aditional Settings
  • Kemudian akan muncul berbagai opsi pengaturan, pilih menu Developer Options
  • Jika sudah, akan muncul pop up yang mengharuskan Anda untuk memasukkan kode verifikasi. Isi kode tersebut, lalu tekan Continue di bagian paling bawah
  • Selanjutnya Anda akan memasuki menu Developer Options. Pada bagian paling atas menu tersebut terdapat menu Developer Options, tekan menu tersebut untuk mengaktifkannya
  • Jika sudah, scroll ke bawah pada menu Developer Options. Anda akan menemukan menu Aggressive WiFi to Celuler Handover, tekan centang di sebelah menu tersebut untuk mengaktifkannya
  • Jika semua langkah sudah dilakukan, kini kecepatan jaringan pada perangkat Android Anda akan meningkat

Kemajuan teknologi melahirkan berbagai terobosan perangkat elektronik seperti smartphone khususnya Android. Kini perangkat mobile yang digunakan oleh hampir semua orang ialah Android. Hal ini karena perangkat tersebut memiliki fitur lengkap dan juga teknologi-teknologi yang canggih.

Perangkat Android Anda pastinya sarat dengan penggunaan internet. Tanpa koneksi internet yang baik, aktivitas menggunakannya Anda pasti akan terganggu. Solusi untuk mengatasinya bisa Anda lakukan dengan mengikuti cara mempercepat koneksi WiFi di Android yang mudah dan simpel di atas.