Cara-Cepat-Mengatasi-Plugged-In-Not-Charging-Windows-7

Cara Cepat Mengatasi Plugged In Not Charging Windows 7

Dibandingkan dengan PC, laptop seringkali menimbulkan masalah yang biaya perbaikannya melebihi perbaikan pada PC. Salah satu masalah yang seringkali dijumpai adalah kondisi baterai. Apabila tidak digunakan dengan baik, baterai laptop akan bermasalah, begitu juga dengan chargernya.

Kasus yang seringkali dijumpai adalah ketika charger telah plug in, namun daya tidak masuk. Ada banyak solusi untuk mengatasi plugged in not charging ini, baik pada Windows 7, 10 ataupun sistem operasi lainnya. Masalah ini seringkali disebabkan oleh masalah teknis, namun beberapa ada faktor lainnya.

Diamkan Adaptor Sebentar

Diamkan-Adaptor-Sebentar

Adaptor laptop seringkali cepat panas karena beberapa alasan tertentu dan hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada charger tersebut. Pada beberapa kasus bisa menyebabkan baterai laptop menjadi rusak juga. Jika sistem mendeteksi sesuatu yang tidak wajar, biasanya akan muncul peringatan.

Cobalah untuk mencabut adaptor tersebut sampai lebih dingin dibandingkan kondisi sebelumnya. Apabila sudah lebih baik, coba masukkan kembali adaptor charger tersebut dan perhatikan ikon baterai. Apakah berhasil mengisi baterai atau tidak.

 

 

Pastikan Terpasang Sempurna

Pastikan-Terpasang-Sempurna

Kebanyakan orang terburu-buru dalam menyambungkan kabel charger ke laptop dan mengakibatkan kerusakan pada kabel ataupun konektornya. Sebelum mengkoneksikan kabel tersebut, pastikan kabel dalam keadaan tidak terlilit dan sudah terpasang sempurna.

Pada beberapa model charger laptop, ada yang harus ditekan sedikit sampai ada bunyi klik yang berarti kabel telah terpasang sempurna. Apabila sudah terpasang sempurna namun belum charging, cobalah untuk mengganti posisinya lebih stabil agar daya dapat masuk dengan baik.

 

 

Jangan Sampai Kabel Terlilit

Jangan-Sampai-Kabel-Terlilit

Kabel charger yang terlilit seringkali menimbulkan masalah dan parahnya bisa merusak kondisi baterai. Lilitan kabel tersebut akan menghambat daya yang mengalir ke baterai dan membuat statusnya menjadi plugged in, not charging.

Mengatasi plugged in not charging kali ini cukup mudah, yaitu pastikan kabel tidak terlilit ketika hendak melakukan pengisian daya. Apabila pengisian daya sudah selesai, biarkan kabel terurai dan jangan dilipat ketika masih panas.

 

 

Pastikan Charger Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop dan Baterai

Pastikan-Charger-Sesuai-Dengan-Spesifikasi-Laptop-dan-Baterai

Anda boleh saja menggunakan charger lain, namun pastikan spesifikasi charger tersebut cocok dengan spesifikasi laptop dan baterai yang dimiliki. Apabila konektor, tegangan, arus dan unsur lainnya tidak sesuai, maka tidak mengherankan jika sudah terpasang sempurna, namun daya baterai tidak dapat masuk.

Terlebih menggunakan model charger lain yang tidak sesuai justru akan merusak baterai laptop. Apalagi status input dan outputnya lebih besar dibandingkan biasanya akan membuat laptop menjadi cepat panas dan baterai menjadi rusak.

 

 

Cek Kondisi Baterai

Cek-Kondisi-Baterai

Baterai laptop memiliki kapasitas tertentu dan kapasitas ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Penggunaan yang tidak benar dan overload dalam charging bisa memengaruhi usia baterai laptop. Apabila konektor charger telah terpasang namun tidak masuk, cobalah untuk mengecek kondisi baterai.

Cabut terlebih dahulu baterai dari laptop, kemudian diamkan beberapa menit atau jam sampai kondisniya dingin. Pasang kembali, lalu koneksikan dengan adaptor charger. Cek apakah daya baterai masuk atau sama seperti sebelumnya.

Apabila sama seperti sebelumnya dan indikator baterai tidak menyala, artinya charger Anda yang bermasalah dan minta diganti. Berbeda lagi jika menggunakan charger yang setipe, daya dapat masuk, namun baterai tidak bertambah, artinya baterai Anda yang bermasalah.

Apabila baterai yang bermasalah, solusi kali ini tidak lain adalah menggantinya dengan baterai yang baru. Mengganti baterai ini tidaklah murah, terlebih pada beberapa jenis laptop ada yang baterainya sulit ditemukan.

 

 

Lakukan Repair Dengan System Restore

Lakukan-Repair-Dengan-System-Restore-

Beberapa pengaturan pada laptop ternyata bisa memengaruhi kondisi plugged in not charging ini. Solusinya adalah mengatur ke pengaturan awal ketika baterai laptop masih normal. Berikut tata cara mengembalikan ke pengaturan default :

  • Pada menu Start, ketikkan System Restore pada kolom pencarian.
  • Beberapa pilihan telah muncul, pilih System Restore untuk melakukan repair.
  • Ketika diarahkan ke jendela baru, pilih opsi Restore Recommended File System dan tunggu sampai sistem memperbaikinya.
  • Proses yang selesai biasanya ditandai dengan laptop atau PC yang restat secara otomatis.

Apabila sudah masuk ke Windows, cobalah sambungkan kembali charger ke laptop. Lihat perubahan yang terjadi pada indikator baterai, apabila sudah kembali normal, artinya masalah tersebut sudah selesai dan tidak perlu mengganti baterai.

 

 

Hapus Driver API Baterai dan Install Ulang

Selain dari masalah hardware, software juga menjadi faktor penyebab lainnya. Salah satunya adalah driver baterai Windows yang tidak dapat bekerja karena terkena viru atau mengalami corrupt. Langkah yang harus dilakukan adalah hapus terlebih dahulu, kemudian install ulang. Berikut caranya :

  • Cabut charger, kemudian matikan laptop dan cabut baterainya.
  • Pasang charger tanpa memasang baterai, kemudian nyalakan.
  • Setelah masuk ke Windows, masuk ke Device Manager. Caranya tinggal search pada menu Start, kemudian ketikkan Device Manager dan klik.
  • Anda akan dihadapkan beberapa pilihan kategori, pilih Batteries.
  • Pada menu Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery, klik kanan dan pilih uninstall.Pada-menu-Microsoft-ACPI-Compliant-Control-Method-Battery-klik-kanan-dan-pilih-uninstall
  • Setelah berhasil terhapus, sekarang matikan laptop dan cabut adaptor charger.
  • Pasang kembali baterai, kemudian pasang charger dan nyalakan lagi.
  • Masuk ke menu Device Manager lagi, kemudian pilih kategori Batteries.
  • Pada menu tersebut, pilih opsi Scan for Hardware Changes.Pada-menu-tersebut-pilih-opsi-Scan-for-Hardware-Changes
  • Tunggu beberapa saat sampai sistem melakukan download otomatis pada driver dan memperbaiki driver baterai tersebut. Pastikan koneksi jaringan aman agar proses lebih cepat.
  • Jika sudah selesai, klik Finish dan laptop akan melakukan restat secara otomatis.
  • Apabila sudah berhasil masuk lagi ke Windows, cek status pengisian baterai, apakah sudah normal atau belum. Jika sudah normal, artinya yang bermasalah hanya di softwarenya.

 

 

Ganti Charger Baru

Ganti-Charger-Baru

Kondisi charger yang kabelnya terlilit atau bahkan sampai terlihat rusak, tentu akan menyebabkan plugged in not charging. Jika sudah demikian, tidak ada cara lain selain membeli charger baru. Pastikan charger yang Anda beli sesuai dengan merek laptop.

Hindari pembelian melalui online, pengecualian jika store tersebut merupakan official. Lebih baik beli langsung ke tempatnya karena bisa mengetes charger baru tersebut. Apabila belum sempat membeli, cobalah memperbaikinya terlebih dahulu. Selamat mencoba!