cara-menggunakan-whatsapp-di-laptop-mudah-dan-simple

Cara Menggunakan Whatsapp Di Laptop (Mudah Dan Simple)

WhatsApp adalah salah satu media komunikasi paling banyak digunakan untuk menunjang aktifitas harian seseorang. Pengguna aplikasi ini sangat beragam, mulai dari anak sekolah, mahasiswa hingga pekerja. Tidak heran karena dengan aplikasi ini komunikasi jarak jauh bisa lebih mudah dilakukan.

Menariknya, kini WhatsApp bukan hanya bisa digunakan untuk smartphone saja. Namun Anda sudah bisa menggunakannya lewat laptop atau PC. Cara menggunakan WhatsApp di laptop tergolong mudah dan simple. Bagi yang belum tahu, Anda bisa simak ulasannya berikut

Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop dengan WhatsApp Web Browser

Cara ini adalah yang paling mudah dibanding cara lain yang akan dibahas selanjutnya. Sesuai judulnya, cara ini memungkinkan akun WhatsApp yang Anda miliki bisa dibuka di laptop atau perangkat komputer yang terhubung dengan koneksi internet.

WhatsApp Web merupakan fitur yang didesain khusus agar WhatsApp bisa diakses via browser dan bisa digunakan untuk semua perangkat. .Untuk menggunakan fitur ini tidak ada spesifikasi khusus yang dibutuhkan.  Hanya saja Anda harus menggunakan  browser untuk mengakses WhatsApp Web ini.

Menggunakan WhatsApp Web menjadi rekomendasi oleh banyak situs, baik luar negeri maupun dalam negeri. Jadi bisa dibilang cara ini menjadi alternatif terbaik agar WhatsApp bisa digunakan selain di perangkat smartphone. Seperti inilah cara menggunakan WhatsApp di laptop menggunakan web:

  1. Pertama, Anda tinggal membuka browser di laptop yang digunakan terlebih dahulu. Setelah di buka, Anda tinggal mengetikkan nama situs https://web.whatsapp.com/
  2. Nantinya ada barcode yang ditampilkan pada halaman browser. Dari sini, Anda bisa meninggalkan laptop sejenak dan beralih ke smartphone. Anda tinggal membuka aplikasi WhatsApp yang terpasang di ponsel.Nantinya-ada-barcode-yang-ditampilkan-pada-halaman-browser.-Dari-sini-Anda-bisa-meninggalkan-laptop-sejenak-dan-beralih-ke-smartphoneNantinya-ada-barcode-yang-ditampilkan-pada-halaman-browser
  3. Berikutnya setelah aplikasi WhatsApp di ponsel terbuka, Anda tinggal klik tombol titik tiga yang letaknya ada di bagian pojok kanan atas., Kemudian cari menu WhatsApp Web dan klik saja menu tersebut.
  4. Setelah menu tersebut dibuka, Anda akan diarahkan ke kamera scanner yang nantinya digunakan untuk scanning barcode yang sudah ditampilkan di WhatsApp Web yang sebelumnya telah diakses lewat perangkat laptop.Setelah-menu-tersebut-dibuka-Anda-akan-diarahkan-ke-kamera-scanner-yang-nantinya-digunakan-untuk-scanning-barcode
  5. Scan dan arahkan ke barcode yang sudah disediakan di laptop. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya sekitar beberapa detik saja. Setelah itu, WhatsApp sudah terhubung ke laptop dan ponsel.
  6. Selesai, Anda bisa langsung memakai akun WhatsApp melalui perangkat laptop.

Fitur yang disediakan di WhatsApp Web ini memang bisa dibilang sangat ringan. Tidak heran Anda bakal tidak bisa menikmati beberapa fitur yang biasanya bisa digunakan di perangkat ponsel. Di WhatsApp Web ini Anda bisa menambahkan pesan suara, foto, dokumen hingga menyambungkan kamera.

Bagi yang ingin keluar atau logout dari WhatsApp Web ini, caranya tidak terlalu sulit. Anda bisa logout melalui WhatsApp Web yang sudah terhubung ke laptop atau komputer. Atau juga bisa lewat tombol titik tiga dan kemudian log out dari WhatsApp Web tadi.

Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop Melalui Aplikasi WhatsApp Web

Selain melalui WhatsApp Web seperti yang telah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan WhatsApp di laptop melalui aplikasi khusus WhatsApp laptop. Caranya memang hampir mirip dengan sebelumnya. Hanya saja ada beberapa syarat khusus yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan cara ini.

Misalnya perangkat laptop yang digunakan harus sudah Windows 8 ke atas. Jadi, bagi yang masih menggunakan Windows 8 ke bawah tentu harus upgrade terlebih dahulu. Seperti ini langkah dan cara menggunakan WhatsApp di laptop yang bisa dilakukan:

  1. Langkah pertama Anda harus mendownload aplikasi WhatsApp laptop resmi yang sudah disediakan di situs resmi WhatsApp. Aplikasi ini disediakan secara gratis sehingga tidak perlu membayar. Anda bisa cek di situs whatsapp.com/downloadLangkah-pertama-Anda-harus-mendownload-aplikasi-WhatsApp-laptop-resmi
  2. Selanjutnya, klik saja bagian Unduh Untuk Windows untuk download aplikasi ini. Berikutnya tinggal tunggu hingga proses download ini selesai dilakukan
  3. Setelah proses download aplikasi selesai, buka aplikasi untuk memulai langkah berikutnya. Setelah aplikasi dibuka, Anda bakal melihat tampilan aplikasi WhatsApp seperti umumnya. Nah, Anda tinggal login dengan cara seperti WhatsApp Web di atas.Setelah-proses-download-aplikasi-selesai-buka-aplikasi-untuk-memulai-langkah-berikutnya

Jika dilihat dari tampilannya, WhatsApp Web dan aplikasi WhatsApp laptop ini memang sama persis. Hanya saja ada beberapa fungsi yang membedakan keduanya. Meskipun ada kekurangan karena harus dijalankan di Windows 8 ke atas, tapi aplikasi ini jauh lebih simple dibanding sebelumnya.

Tidak heran karena para penggunanya hanya perlu membuka aplikasinya saja. Tidak harus membuka browser dan melakukan scanning seperti yang sebelumnya. Cara menggunakan WhatsApp di laptop ini sudah banyak dicoba. Jadi bagi Anda yang belum coba tentu harus mencobanya sekarang juga.

Cara Menggunakan Whatsapp Di Laptop Melalui Emulator

Cara terakhir agar bisa menggunakan akun WhatsApp di laptop adalah melalui emulator. Bisa dibilang penggunaan emulator ini memang agak ribet dibanding cara sebelumnya. Hanya saja cara ini sangat cocok bagi Anda yang memang suka main game di emulator laptop.

Tidak heran karena Anda tidak perlu melakukan multitasking saat mau membukanya. Bagi yang belum tahu cara menggunakannya, Anda bisa simak tutorial berikut

  1. Pertama, cari dan juga download emulator yang ada di pasaran. Ada banyak emulator yang bisa dipakai. Salah satu yang paling populer adalah Bluestack atau ada juga Nox. Anda bisa memanfaatkan Google Playstore untuk menemukan Emulator ini.
  2. Setelah itu buka dulu emulator yang telah didownload tadi. Agar lebih memudahkan, di artikel ini akan dibahas menggunakan emulator jenis NOX.Setelah-itu-buka-dulu-emulator-yang-telah-didownload-tadi.-Agar-lebih-memudahkan-di-artikel-ini-akan-dibahas-menggunakan-emulator-jenis-NOX
  3. Setelah emulator berhasil di install, Anda bisa memasukkan akun yang sudah dimiliki. Caranya tidak beda dengan cara sebelumnya. Anda tinggal melakukan scanning saja di barcode yang sudah ada.Setelah-emulator-berhasil-di-install-Anda-bisa-memasukkan-akun-yang-sudah-dimiliki.-Caranya-tidak-beda-dengan-cara-sebelumnya
  4. Setelah scanning selesai, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp di emulator ini kapanpun sesuai keinginan.

Cara menggunakan WhatsApp di laptop melalui emulator ini memang membutuhkan spesifikasi khusus. Setiap emulator biasanya memiliki spesifikasi berbeda-beda. Jadi Anda tinggal menyesuaikannya saja. Ingat, pilih emulator yang sesuai dengan perangkat laptop.

Ada banyak keunggulan yang bisa didapat di WhatsApp via laptop ini. Misal saat ingin mengirimkan dokumen, Anda tidak perlu menghubungkan smartphone ke laptop lagi. Jadi bisa disebut sangat praktis untuk digunakan.

 

Baca Juga :