Cek Resi Standard Express Shopee Dari China (Mudah Dan Cepat)

Posted on

Bagi yang suka belanja online tentunya tidak asing dengan nama Shopee. Shopee merupakan pasar online yang didalamnya menjual banyak produk, baik lokal maupun luar negeri. Cara Cek resi standar express Shopee merupakan hal penting yang wajib Anda tahu.

Terlebih bagi yang membeli barang dari luar negeri, khususnya China. Sebenarnya bukan hanya cek resi saja, ada beberapa hal penting lain yang perlu diketahui jika Anda memang ingin membeli barang yang berasal dari China. Bagi yang penasaran, simak ulasan ini hingga selesai.

Proses Pengiriman Standard Express dari ChinaProses-Pengiriman-Standard-Express-dari-China

Shopee adalah platform jual beli terpercaya di Indonesia. Produk yang dijual bukan hanya dari Indonesia saja tapi produk luar negeri juga. Biasanya produk luar negeri yang sering diminati di Shopee adalah produk asal Korea dan China.

Sayangnya, Shopee hanya memakai dua opsi layanan pengiriman saja untuk mendistribusikan barangnya yang berasal dari luar negeri. Pengiriman yang dimaksud melalui Standard Express dan LWE atau Logistic Worldwide Express. Nah, sama dengan pengiriman lokal, ada cek resi Standar Express Shopee yang harus Anda tahu.

Jadi setelah berbelanja dan melakukan pembayaran, penjual akan menerima pesanan dan berikutnya akan melakukan pengemasan barang tersebut. Di tahap ini, Anda sebagai pembeli akan mendapat nomor resi untuk setiap barang yang dibeli di Shopee.

Nomor resinya diberikan dari pusat pengiriman barang. Dalam kasus ini, Anda mendapat nomor resi dari pengiriman lewat Standard Express. Bagi yang telah mendapat nomor resi ini tentu ingin segera cek resi untuk melihat kondisi barang yang dipesan.

Sayangnya, nomor resi ini belum dapat dicek. Nomor tersebut dikeluarkan oleh sistem secara otomatis untuk pesanan yang sudah terkonfirmasi untuk dilakukan pengiriman. Menariknya, nomor resi ini tidak dapat dicek di situs manapun. Namun nomor resinya bisa dicek melalui Bea Cukai.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keberadaan barang dengan cek resi Standard Express Shopee melalui website Bea Cukai. Namun dengan catatan, barang yang dikirimkan sudah harus masuk ke Indonesia terlebih dahulu. Lantas berapa lama pengiriman Shopee untuk bisa masuk ke Indonesia dari China?

Biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari sampai barang pertama kali masuk ke Indonesia dari negara asalnya China. Atau dengan kata lain, Anda sebagai pembeli baru bisa mengecek keberadaan barang setelah dua atau tiga hari mendapat resi Standard Express tersebut.

Cara Cek Resi Standard Express Shopee Dari China Paling Mudah

Setelah datang ke Indonesia, Anda baru bisa cek resi seperti pengiriman lokal pada umumnya. Untuk cek resi sendiri tidak sulit sama sekali. Bahkan bisa dikatakan sangat sederhana dan mirip dengan cara cek resi JNE atau media pengiriman lain. Berikut langkahnya

  1. Seperti yang sudah disebutkan di awal, cek resi dari Standard Express hanya bisa dilakukan lewat situs resmi Bea Cukai saja. jadi, Anda harus masuk ke situsnya terlebih dahulu. Berikut alamat resminya https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.htmlSeperti-yang-sudah-disebutkan-di-awal-cek-resi-dari-Standard-Express-hanya-bisa-dilakukan-lewat-situs-resmi-Bea-Cukai-saja
  2. Setelah masuk ke situs resmi, Anda tinggal memasukkan nomor resi dari Standard Express yang sudah diterima sebelumnya. Jangan sampai lupa kode konfirmasi pengecekan supaya sistem bisa mengetahui keberadaan barang. Klik submit supaya Anda lebih tahu detail informasi yang tercantum pada nomor resi.
  3. Bagi paket yang sudah masuk ke Indonesia maka detail informasi nomor resi akan muncul. Ini adalah hasil cek resi standard express shopee. Informasi ini berisi nama pemberitahu yang membawahi forward barang di Indonesia.
  4. Pastikan data yang dimasukkan benar dan jangan sampai nomor resi tertukar. Langkah berikutnya, pilih See Details agar mengetahui keberadaan terakhir dan proses bea cukai untuk barang yang sudah dipesan sebelumnya.Pastikan-data-yang-dimasukkan-benar-dan-jangan-sampai-nomor-resi-tertukar.-Langkah-berikutnya-pilih-See-Details
  5. Selanjutnya, ini adalah proses terakhir. Untuk mengecek barang pada Bea Cukai, perhatikan pada kode 408. Kode 408 ini berarti bahwa barang sudah keluar dari gudang dan siap diambil oleh jasa ekspedisi dalam kota, misalnya JNE, TIKI, JNT dan lainnya. Proses-terakhir-barang-ekspor-dari-luar-negeri-melalui-Bea-Cukai-adalah-kode-408

Jika Anda ingin mengetahui jasa pengiriman lokal yang digunakan untuk pengiriman barang ke tujuan di Indonesia, Anda bisa cek kembali melalui web Shopee tempat memesan barang tadi. Di web tersebut,Anda mendapat nomor resi baru untuk pengiriman lokal. Silahkan cek di situs masing-masing.

Cek resi standard express Shopee benar-benar mudah untuk dilakukan. Mungkin yang lama itu adalah proses menunggu barang hingga sampai di Indonesia. Untuk mendapat nomor resi baru di Indonesia juga tidak lama karena hanya perlu menunggu satu hingga dua hari setelah barang sampai di Indonesia.

Catatan Penting Untuk Barang Kiriman Standard Express Dari ChinaCatatan-Penting-Untuk-Barang-Kiriman-Standard-Express-Dari-China

Setelah mengetahui cek resi standard express Shopee, ada beberapa hal penting yang harus dipahami terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa pengiriman dari luar negeri dan pengiriman lokal itu berbeda. Pengiriman dari luar negeri harus melalui perantara Bea Cukai terlebih dahulu.

Di Bea Cukai ini akan ada pemeriksaan sejenak seputar barang yang masuk ke Indonesia. Mulai dari dokumen pengiriman, isi barang hingga harga ataupun nikai barang kiriman tersebut. Pastikan barang yang dibeli sesuai dengan anjuran di Indonesia alias tidak melanggar hukum.

Sebelum ingin membeli barang dari luar negeri, khususnya China, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak kena biaya tambahan dari Bea Cukai. Berikut hal penting tersebut;

  1. Barang yang dibeli dari luar negeri tidak boleh lebih dari USD 100. Artinya, Anda perlu cek kurs terlebih dahulu sebelum membeli barang. Barang yang dimaksud adalah per item.
  2. Jika tetap ingin membeli barang dengan harga lebih dari USD 100 dan sudah siap untuk membayar bea masuk, pastikan nilai barang yang dibeli tidak melebihi USD 1000 per itemnya agar bisa dikirim ke alamat tujuan.
  3. Tidak akan ada indikasi pengurangan harga barang lewat dokumen pengiriman yang sudah disertakan penjual. Pasalnya jika ada penipuan maka barang tersebut akan ditolak masuk atau penerima harus membayar royalti tambahan.

Barang ataupun paket yang harganya di bawah 100 dollar pastinya proses di Bea Cukai lebih mudah dan cepat. Pasalnya barang otomatis langsung lolos pemeriksaan pabean. Biasanya proses di Bea Cukai ini tidak lama karena hanya dua hari saja hingga dikirimkan ke tempat tujuan.

Pengiriman lewat Standard Express ini bisa dibilang sangat unik karena pembeli baru bisa cek resi standard express dan keberadaan barang setelah barang masuk ke Indonesia. Semoga pembahasan inio bermanfaat dan selalu hati-hati saat membeli barang dari luar negeri.