5 Contoh Teks Diskusi, Lengkap Dengan Penjelasan

Posted on

4 teks diskusi tentang sampah dan contohnya

5 Contoh Teks Diskusi, Lengkap Dengan Penjelasan

Teks diskusi tentang pembuangan sampah organik melalui sampah

Sejak awal, sampah telah menjadi masalah yang tidak ada habisnya. Ya, tumpukan sampah berdampak negatif bagi lingkungan. Salah satu jenis sampah yang banyak dijumpai adalah sampah organik. Sampah ini merupakan jenis sampah yang dapat terurai sendiri. Jenis sampah organik antara lain sampah sayur, buah, daun dan sampah organik lainnya. Walaupun sampah organik dapat terurai dengan sendirinya, namun harus diolah dengan baik agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Banyak orang yang tidak mampu mengelola pembuangan sampah organik dengan baik. Mereka masih percaya bahwa sampah organik dapat terurai dari dalam tanah itu sendiri. Penguraian sampah organik juga tidak memerlukan waktu khusus. Sampah terurai seiring berjalannya waktu.

Hanya saja jika Anda tidak mengolah sampah organik dengan baik. Itu akan mencemari lingkungan. Sampah organik menimbulkan bau tidak sedap yang dapat mengganggu Anda dan tetangga. Dalam jumlah kecil, sampah organik ini mungkin tidak menimbulkan masalah yang berarti. Namun bagaimana jika sampah organik menumpuk dalam jumlah banyak? Tentu akan menjadi masalah.

Banyak masalah kesehatan muncul dari sampah organik. Tumpukan sampah organik akan menarik lalat. Lalat kemudian masuk ke dalam rumah dan mencapai sudut rumah. Mereka juga menularkan penyakit berbahaya.

Baca Juga: 4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Anda Duplikasi
Keuntungan dari sampah organik
Keuntungan dari sampah organik

Padahal, sampah organik bisa bermanfaat jika kita mengolahnya dengan baik. Ya, kita bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk. Pengolahan sampah organik juga sangat mudah. Anda hanya membutuhkan alat sederhana. Pupuk organik baik untuk tanaman.

Selain itu, Anda juga bisa menjual pupuk organik untuk kebutuhan umum. Pendapatan dari penjualan pupuk organik cukup baik. Mereka bisa menjual 10.000 hingga 20.000 rupiah per karung. Anda dapat menjaga kebersihan lingkungan sambil mendapatkan penghasilan tambahan.

Sampah organik sebenarnya dapat terurai dengan sendirinya. Namun, jika sampah ini dibiarkan begitu saja, akan menimbulkan masalah. Selain berbagai penyakit, sampah organik yang dibuang sembarangan juga mencemari lingkungan. Pengelolaan sampah merupakan cara terbaik untuk menangani sampah, khususnya sampah organik.

Kita juga perlu mengedukasi masyarakat agar bisa membuang sampah pada tempatnya. Juga, mereka dapat memisahkan mana yang organik dan mana yang anorganik. Pemisahan sampah memudahkan pengolahan sampah.

Sampah organik bisa kita olah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik dapat kita manfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Kita juga bisa menjual sampah ke pengepul. Hasil penjualannya juga cukup bagus.

Sampah plastik merupakan sampah yang jumlahnya sangat banyak. Hampir semua rumah tangga membuang sampah plastik ini yang jumlahnya cukup banyak. Padahal, plastik digunakan dalam banyak produk seperti kemasan makanan, makanan ringan dan banyak lainnya. Oleh karena itu, sampah plastik ini mendominasi sampah di tingkat keluarga.

Sampah plastik tergolong sampah anorganik. Ya, sampah jenis ini tidak bisa terurai sendiri. Sampah plastik membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai bersama tanah. Oleh karena itu, sampah plastik harus diolah dengan baik agar lingkungan tetap sehat.

Namun, setiap orang memiliki cara berbeda dalam menangani sampah plastik ini. Beberapa di antaranya mengatasi sampah plastik ini dengan mengolahnya. Namun sisanya lebih memilih mengubur atau membakar sampah plastik ini.

Bagi masyarakat yang memilih mengubur atau membakar sampah plastik karena merasa kesulitan mengolah sampah plastik. Anda harus memilah sampah terlebih dahulu antara yang dapat didaur ulang dan yang tidak dapat didaur ulang. Setelah itu, mereka harus membersihkan sampah untuk bahan kerajinan.

Sumber :