Dapat piagam merah dari FSGI, ini respon dari Diknas

Posted on

Pendidikan di tengah pandemi Covid-19 dengan berbagai program dan kebijakan.

“Perubahan pendidikan dan budaya yang responsif dan berkelanjutan saat ini menjadi tujuan agar masyarakat dapat maju, bangkit dan pulih, terutama dari situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dapat-piagam-merah-dari-FSGI,-ini-respon-dari-Diknas

Baca Juga: FSGI Ungkap Alasan Rating 55 Program PJJ Nadiem Makarim

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan beberapa kebijakan dan program strategis

untuk memulihkan pendidikan di masa pandemi, salah satunya adalah pelonggaran dana bantuan usaha sekolah (BOS).

“Penyesuaian pedoman pelaksanaan BOS reguler, BOS positif, BOS kinerja agar bantuan bisa leluasa digunakan untuk perlengkapan sekolah di masa pandemi,” kata Evy.

Kemudian Kemendikbud juga mendukung siswa bermasalah dengan tarif studi satu kali (UKT), yaitu dengan menunda UKT, mengurangi UKT dan memberikan beasiswa serta dukungan infrastruktur lainnya.

Kemendikbud juga menyalurkan bantuan kuota data internet kepada seluruh guru, siswa, mahasiswa dan dosen.

Baca Juga: FSGI: Kami Skor 100 untuk Program Eliminasi PBB

“Pendistribusian Bantuan Kuota Internet on the track, dengan periode pertama mencapai 35,7 juta siswa

dan guru pada Oktober,” kata Evy.

Selain itu, Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar Perguruan Tinggi (KIP Kuliah) juga sedang berlangsung.

Hingga saat ini, kata Evy, alokasi penerima PIP untuk pendidikan dasar dan menengah telah mencapai 18,1 juta siswa. Sedangkan perkuliahan KIP melibatkan hingga 200.000 mahasiswa.

Dari sisi budaya, Kemendikbud menghadirkan pertunjukan online yang menampilkan 1.352 seniman dan 57 kelompok seni budaya, serta kursus pembelajaran seni dan budaya online.

Baca Juga: Ini Dukungan Kuota Internet yang Hilang dari Kemendikbud Versi FSGI

“Mari terus bersinergi dan bersinergi untuk memberikan kontribusi nyata bagi masa depan

negara kita yang lebih baik,” ujar Evy Mulyani.

Sebelumnya diberitakan, Konfederasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menganugerahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sertifikat merah untuk prestasi satu tahun.

FSGI memberikan Nadiem Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75 dan mengevaluasi delapan kebijakan yang dibuat Nadiem selama satu tahun menjabat.

Antara lain kebijakan penghapusan ujian nasional (UN) 100 poin, kurikulum darurat 80 poin, dukungan kuota internet 65 poin, dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) 55 poin.

Baca Juga: FSGI Skor 80 untuk Kebijakan Ini oleh Nadiem Makarim

Alhasil, Nadiem pun mendapat nilai rata-rata 68, lebih rendah dari KKM yang ditetapkan 75.

Berdasarkan temuan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FSGI Heru Purnomo Purnomo mengatakan pihaknya telah memberikan beberapa rekomendasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait hal tersebut.

“FSGI mendorong Kemendikbud untuk menetapkan satu kurikulum saja di masa pandemi, yaitu kurikulum darurat, karena situasinya bencana,” kata Heru dalam Red Report 1 Tahun Diknas Nadiem, Minggu (25/10/). 2020). ).

LIHAT JUGA :

https://my.swu.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/IGNITE/Public_Page.jnz?portlet=What_Do_You_Think&screen=PostView&screenType=change&id=0cf45924-36af-4776-92e0-7155f0925778&p=33
https://redzone.labette.edu/ICS/Academics/EDUC/EDUC_131/2018_20-EDUC_131-00001ON/Discussion_Board.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=0f7d624a-385d-4dfc-923d-c73cbf98bf7c&p=9
https://portal.flsouthern.edu/ICS/Academics/EDU/EDU__2210/2017_DS-EDU__2210-002/Week_Fifteen.jnz?portlet=Discussion&screen=PostView&screenType=change&id=8fdc49ac-a182-4d1c-a748-e9d8f1e5b376&p=33
https://my.aui.ma/ICS/Academics/HUM/HUM__2302/1718_SP-HUM__2302-02/Collaboration.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=22d96c93-4583-43f2-b024-192755e4daae&p=7
https://my.talladega.edu/ICS/_portletview_/Academics/BUS/BUS__368/2016_FA-BUS__368-FT/Coursework.jnz?portlet=Coursework&screen=StudentAssignmentFacultyView&screenType=change&id=b6524657-d908-449b-9b03-aa581dc43932&s=07d4d224-4f72-48ac-8192-6999ce6ed38e
https://live.hssu.edu/ICS/Academics/GPHY/GEOG0200__UG15/FA_2015_UNDG-GEOG0200__UG15_-01/Gradebook.jnz?portlet=Gradebook&screen=ViewStudentDetail&screenType=next&StudentID=98c02f6c-23c9-4973-a66d-93f5769f032b
https://myottawa.ottawa.edu/ICS/Faith_and_Church_Vitality/Alumni_News_and_Notes.jnz?portlet=Alumni_News_and_Notes&screen=PostView&screenType=change&id=ec551d0b-bd9f-4150-bdff-7f0b40cec94f&p=9
https://my.bankstreet.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Learning_Through_Collaboration/Group_Collaboration.jnz?portlet=Interactive_Blogs&screen=PostView&screenType=change&id=718254ee-a195-4d5c-a61b-0695ddd9e072&p=9
https://my.ripon.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Student_Senate/Groups_and_Organizations.jnz?portlet=Open_Forums&screen=PostView&screenType=change&id=fbfbbf72-f8b9-47e1-b9a1-828cdd616be0&p=38
https://theq.qcc.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Nursing_112_2006/Group_Collaboration.jnz?portlet=%5bICS%5d_ForumPortlet&screen=PostView&screenType=change&id=53fc66cf-f0e3-4c32-ae89-01e765a5123a&p=20
https://tiger.voorhees.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/martial_arts_tricking/Discussion.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=70c28807-aa14-4341-935e-9974c6964cbc&p=36
https://campusweb.myunion.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/VIRTUAL_National_Annual_Faculty_Meeting_PLANNING/Discussion_Proposals_Topics_Submissions.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=b947e4e6-5fb6-4063-be69-b7fc32fc09c1
https://iway.rosemont.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Online_Instructors/Group_Collaboration.jnz?portlet=%5bICS%5d_ForumPortlet&screen=PostView&screenType=change&id=7a1eb9f7-e88b-49d4-a51c-3687f322c75c&p=28
http://ideate.xsead.cmu.edu/discussion/introduction-to-media-synthesis-and-analysis/topics/topics-recommendation
https://my.mhcc.edu/ICS/Academics/1506/IECC201R__UG18/SP_2019_UNDG-IECC201R__UG18_-02/Discussions__Roster.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=02b5b33d-297a-4caf-95fb-d546cd36b868
https://donate.dixie.edu/page.aspx?pid=305&dgs980=3&rid980=62&tid980=6
https://my.rsu.edu/ICS/Academics/CS/CS___1133/2016_SP-CS___1133-001/Discussion_Forum.jnz?portlet=Discussion_Forum&screen=PostView&screenType=change&id=b86954f4-33fe-4ec0-98f0-1d824dd154e9&p=12
https://mycc.cambridgecollege.edu/ICS/Academics/MMG/MMG__525/2011_04-MMG__525-BS01/Discussion_Forum.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=33cc81a3-c7bd-4c80-aaf3-d0e2a1eec6d7&p=27
https://owlnet.williamwoods.edu/ICS/Academics/BMT/BMT__580/1112_2A-BMT__580-01___NCC/Collaboration.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=425b32db-9219-4f0c-8d48-e561d6f299bc&p=9
https://my.carrollu.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Student_Senate/Comments_for_Senate.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=02dd6d24-f600-45a0-8471-53aca5ebcce6&p=28