Deskripsi esai adalah: definisi, 11 contoh, properti

Posted on

Deskripsi esai adalah: definisi, 11 contoh, properti

Definisi deskripsi esai

Esai deskriptif adalah jenis esai yang melibatkan pembaca. Esai deskriptif adalah esai yang mendeskripsikan suatu objek atau peristiwa dengan sangat jelas sehingga pembaca dapat merasakan kejadian tersebut, melihat atau mengalami hal-hal yang dibahas dalam esai tersebut. Jenis esai ini mengacu pada panca indera manusia. Esai ini dikembangkan dengan ide pokok diikuti dengan kalimat penjelas setelahnya.

Deskripsi-esai-adalah-definisi-11-contoh-properti

Menampilkan deskripsi esai

Berikut ciri-ciri esai uraian:

Esai menggambarkan suatu objek yang nyata atau dapat diterima oleh panca indera.
Esai menunjukkan suatu objek dengan sangat jelas sehingga pembaca merasa mengalami apa yang telah dijelaskan oleh penulis.
Esai memiliki karakter obyektif; dalam bahasa lain penulis menunjukkan objek atau objek dalam keadaan nyata dan tidak memihak siapa pun dengan apa adanya.
Esai dibuat dengan menggunakan metode impresionis (subyektif), realistik (obyektif), atau sikap pengarang.

Jenis deskripsi tulisan

Jenis esai deskripsi dibagi menjadi lima bagian. Dalam lima bagian, administrator akan menjelaskan hal-hal berikut:

Komposisi deskripsi spasial

Esai deskripsi spasial merupakan jenis deskripsi yang mendeskripsikan suatu objek berupa suatu tempat atau ruang. Penulis mendeskripsikan atau menarasikan suatu tempat atau ruang dalam kondisi nyata sehingga pembaca dapat membayangkan dengan jelas tempat yang dimaksud.

Esai deskriptif spasial adalah sejenis esai deskriptif yang mendeskripsikan sesuatu atau benda sebagai ruang atau tempat.
Deskripsi esai yang realistis

Esai deskriptif realistik adalah jenis esai deskriptif yang disajikan secara objektif kepada pembaca. Cara penyampaiannya yang obyektif adalah dengan menjelaskan bahwa sesuatu yang disampaikan kepada pembaca dalam sebuah esai adalah sesuatu yang nyata. Penulis tidak menuliskan kesan pribadinya atau pendapatnya tentang subjek yang dibicarakan.
Deskripsi yang mengesankan

Esai deskriptif impresionis merupakan jenis esai deskriptif yang menggambarkan objek secara subjektif atau sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilihat oleh pengarang. Penulis tidak memberikan perhatian khusus pada pandangan para pembaca.
Deskripsi artistik atau impresionistik

Esai deskriptif ini berfokus pada respons emosional yang dialami pembaca atau pendengar. Dalam penulisan esai ini, penulis mencoba untuk membuat pembaca terkesan.
Deskripsi eksposur esai

Deskripsi esai ini logis. Secara umum, penulis mendeskripsikan objek hanya dalam istilah apa yang mereka lihat dan rasakan untuk diri mereka sendiri, dan bukan dalam istilah reaksi emosional atau kesan dari pembaca.

Bagaimana cara membuat esai deskripsi?

Cara membuat esai deskripsi:

Pilih subjek, subjek, dan tujuan esai
Siapkan judul esai
Siapkan garis besarnya
mengumpulkan informasi
Rancang karangan bunga
Harus menyiapkan cara untuk menyelesaikan dan menyelesaikan tulisan
Selesaikan esai

Contoh deskripsi esai

Berikut 11 contoh esai deskripsi:

Contoh deskripsi esai Tentang sekolah

Sekolah saya, SMK PGRI Tanjung Raja, adalah sekolah yang sangat besar. Sekolah saya berada di jantung kota dan dibangun di atas tanah seluas 2 hektar. Meski berada di jantung kota, suasana di sekolah saya tidak sama dengan di kota.

Sekolah saya sangat asik karena banyak sekali pepohonan hijau yang rimbun. Pohon besar memberi sekolah saya banyak udara perasaan sejuk dan segar. Udara segar membuat Anda ingin belajar di sekolah setiap hari.

Sekolah saya memiliki gedung yang cukup besar. Bangunan-bangunan tersebut diatur sesuai dengan fungsinya masing-masing. Saat kami masuk melalui gerbang utama sekolah, kami melihat sebuah bangunan yang sangat besar. Guru sekolah dan karyawan kami bekerja di dalam gedung. Selain itu, terdapat ruang tunggu tamu yang dilengkapi dengan TV dan AC.

Setelah melintasi gedung utama dan kembali ke dalam, kami menemukan ruang kelas berjajar. Ruangan tersebut dibangun mengelilingi tiga lapangan yaitu lapangan upara, lapangan basket dan lapangan futsal. Saat kita berdiri di depan tiang bendera, ruangan di sebelah kanan adalah kelas untuk anak-anak kelas 1 dan 2. Terdapat 14 kelas yang terbagi dalam 2 wilayah, yaitu 8 kelas untuk kelas IPA dan enam kelas untuk kelas IPS.

Di sebelah kiri adalah gedung laboratorium, perpustakaan, masjid, dan gedung kelas tiga setempat. Kamar kelas tiga di sebelahnya

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/