Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Ekonometrika

Ekonometrika merupakan ilmu yang membahas tentang masalah pengukuran hubungan ekonomi. Dengan demikian, ekonometrika adalah ilmu yang memasukkan teori ekonomi, matematika dan statistika dalam satu kesatuan sistem, menjadi ilmu yang mandiri dan berbeda dari ilmu ekonomi, matematika dan statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan untuk menguji kebenaran teori teori ekonomi berupa hubungan antara variabel ekonomi dan data empiris.

Ekonometrika

Teori-teori lanjutan di bidang ekonomi disebutkan sebelumnya dalam bentuk matematika sehingga dapat diujicobakan. Bentuk matematis dari terorama ekonomi ini disebut model. Salah satu kontribusi ekonometrik adalah pembuatan model ekonometri selain memprediksi ‘peramalan’ dan membuat berbagai alternatif keputusan kuantitatif sehingga memudahkan pengambil keputusan dalam menentukan pilihan.

Analisis regresi adalah salah satu bagian terpenting dari ilmu ekonomi, dan menggunakan analisis ini untuk menentukan hubungan antara satu variabel dan variabel lainnya. Berdasarkan data yang digunakan, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga analisis, yaitu analisis “time series” dan “cross-section” antar wilayah dan analisis data panel. Analisis deret waktu mendeskripsikan perubahan perilaku selama beberapa kali berturut-turut, berbeda dengan analisis lintas kawasan, yang mendeskripsikan antara beberapa kawasan dalam “cuplikan” waktu tertentu. Sedangkan analisis data panel menggabungkan data deret waktu dengan data antar wilayah.

Pengertian Ekonometrika Menurut para ahli

Pengertian ekonometri menurut para ahli, antara lain:

Menurut J Scumpeter

Ekonometrika adalah penerapan metode khusus dalam ilmu ekonomi “di segala bidang” yang berupaya memperoleh hasil dalam kerangka “hasil numerik” dan “validasi” teori ekonomi.

Menurut Jan Tinbergen

Ekonometrika adalah pengamatan statistik terhadap konsep-konsep yang dihasilkan dari prioritas atau bisa dikatakan ekonomi matematis yang bekerja dengan data kuantitatif.

Menurut P.A Samuelson dan T. Copmans

Ecomometrics adalah analisis kuantitatif dari fenomena ekonomi “aktual” berdasarkan pada perkembangan teori dan observasi secara simultan terkait dengan metode inferensi yang sesuai.

Menurut Arthur S.

Ekonometrika adalah ilmu sosial di mana alat teori ekonomi, statistik, dan matematika inferensi diterapkan untuk menganalisis fenomena ekonomi.

Menurut Gerhard Tintner

Ekonometrika adalah hasil dari pandangan khusus tentang peran ekonomi yang terdiri dari penerapan statistik matematika ke data ekonomi untuk memberikan dukungan empiris untuk model yang dibuat dalam ekonomi matematika dan untuk mendapatkan hasil numerik.

Menurut C.E.V Leser

Ekonometrika adalah disiplin ilmu yang berusaha membangun hubungan kuantitatif antara variabel ekonomi dengan bantuan metode statistik.

Menurut Michael D.

Ekonometrika adalah cabang ilmu ekonomi yang berhubungan dengan estimasi empiris dari “estimasi” hubungan ekonomi.

Sumber: