Fungsi Xilem dan Floem Pada Tumbuhan

Posted on

Xilem dan Floem – Setelah populasi dibahas pada ExampleSoal.co.id sebelumnya, kali ini pembahasan di ExampleSoal.co.id membahas tentang xilem dan floem serta pengertian, fungsi dan posisinya pada tumbuhan. Untuk lebih jelasnya sobat bisa simak reviewnya di bawah ini.

Definisi jaringan Xylem

Xilem merupakan jaringan transpor yang terdiri dari jaringan yang sangat kompleks dan terdiri dari beberapa jenis sel. Batang tenggorokan dan trakeid adalah komponen utama Xylem.

Fungsi-Xilem-dan-Floem-Pada-Tumbuhan

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://kabarkan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Sel-sel ini berguna untuk mengangkut air dan zat terlarut di dalamnya dari akar ke daun. Trakeid adalah sel tubular berdinding tebal.

Berbeda dengan batang tenggorokan dalam ukurannya, dimana sel batang tenggorokan lebih pendek dan lebar dari pada trakeid sehingga lebih banyak air yang mengalir melalui trakeid.

Batang tenggorokan juga memiliki ujung yang rata. Ujung-ujung dinding sel trakea larut, menyebabkan isi sitoplasma mati dan matang. Saat pembuluh mati terhubung, air atau mineral bisa mengalir.

Pahami jaringan floem

Floem merupakan jaringan transportasi yang menghantarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Biasanya floam disebut juga bejana filter, karena ada sel filter yang mirip dengan filter. Kemudian di batang dikotil floem berada di luar xilem.

Fungsi xilem dan floem

Fungsi xilem

Xilem juga berfungsi sebagai jalur transportasi air dan mineral dari akar ke daun. Susunan xilem adalah jaringan transpor kompleks yang terdiri dari berbagai bentuk sel.

Meskipun demikian, ada sel yang sudah mati dan masih hidup, tetapi secara umum, sel-sel yang menyusun xilem itu sendiri, bersama dengan membran sel yang lebih tebal, telah mati dan mengandung lignin.
Fungsi floem

Komponen utama xilem adalah trakeid, batang tenggorokan dan parenkim xilem. Trakeid itu sendiri terdiri dari serangkaian sel sempit di mana penebalan dinding menjadi lebih tebal daripada penebalan pada batang tenggorokan.

Kemudian sel-sel di trakea sendiri mengalami penebalan sekunder di mana lumen sel tidak lagi mengandung protoplas.

Namun, trakea itu sendiri adalah bagian dari pembuluh yang terdiri dari sel silinder yang mati setelah dewasa, dengan ujung-ujungnya bersatu membentuk tabung konduktif untuk air multisel, juga dikenal sebagai pembuluh.

Sedangkan parenkim xilem sendiri tersusun dari sel-sel hidup. Biasanya ditemukan pada xilem sekunder atau primer. Xilem sekunder sendiri ditemukan pada 2 jenis parenkim yaitu parenkim dengan jari-jari meduler dan parenkim kayu.

Perbedaan antara Xilem dan Floem

Xilem dan floem memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

Floem xilem

Pembentukan xilem yaitu dari sel mati. Pembentukan floem yaitu dari sel hidup
Dinding sel tipis Dinding sel tebal
Pembentukan dinding sel xilem yaitu dari lignin

Floem dibuat
selulosa.
Permeabilitas dinding sel xilem bersifat kedap air

Floem adalah

berpori
Xilem tidak ada sitoplasma floem ada sitoplasma
Xilem digunakan untuk mengangkut air atau mineral dari akar ke daun floem, yang mengangkut fotosintesis melalui tubuh tumbuhan.
Xilem hanya dapat mengarah ke atas dan ke bawah floem.

Lokasi xilem dan floem

Xilem dan floem terletak di akar dan batang tanaman monokotil, bundel transpornya ditutup dengan jaminan dan komprehensif oleh Sklerenkin.

Jika dilihat dengan mikroskop, xilem tampak memiliki bentuk bulat yang besar sedangkan floem sangat kecil dan terletak di sekitar xilem.

Pada tumbuhan dikotil terlihat perbedaan floem dan xilem yang dipisahkan oleh kambium, dan ikatan transpor agunannya terbuka dimana xilem berada di dalam kambium, dekat medula, sedangkan floem berada di luar kambium.

Lalu di manakah letak xilem dan floem pada tumbuhan? Kedudukan keduanya alami pada tubuh tumbuhan seperti batang, akar dan daun.

Dalam dikotil, xilem lebih jauh berada di kambium. Sedangkan floem berada di luar kambium.

 

Lihat Juga : contoh surat tanda terima barang