Guru SD Pilih Bertani Cabai, Untung Ratusan Juta Bisa Beli

Posted on

Kisah Guru SD yang Menghasilkan Ratusan Juta Menjadi Petani Cabai | Bisa beli motor Harley!

guru-sd-bertani-cabai

Tujuan pensiun biasanya untuk bersantai dan menikmati hari tua. Jika sebelumnya Anda tidak memiliki waktu luang yang cukup, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga setelah pensiun, termasuk anak dan cucu Anda.

Namun berbeda dengan pensiunan guru SD bernama Suharto (65) asal Magelang, Jawa Tengah.

Setelah pensiun sebagai guru sekolah dasar, ia memutuskan untuk menjadi petani cabai. Kegigihan ini membuahkan hasil. Ia sukses sebagai petani dan memperoleh ratusan juta rupiah sebelum ia berhasil membeli sepeda motor impian.

Pernah menjadi guru yang dibayar buruk

Suharto sendiri telah menjadi guru sekolah dasar selama 40 tahun sejak tahun 1977. Kisah suksesnya dimulai setelah ia pensiun sebagai guru pada tahun 2017.

Seperti yang diumumkan di kanal YouTube CapCapung pada Jumat (13 Agustus 2021), ia tidak menyangka sektor pertanian justru membuatnya kaya.

Sebelumnya ia menyadari bahwa gaji dari pekerjaannya sebagai guru sekolah dasar tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Jadi dia mencoba mencari penghasilan kedua.

Dari dorongan inilah muncul niat Suharto untuk terjun di bidang pertanian dengan sistem kultur campuran berupa cabai, jagung dan ketan. Harga jual sayuran saat itu membuatnya semakin tergoda untuk mencoba bertani.

“Untuk itulah kami memberanikan diri ke pertanian, tempat saya pertama kali menanam cabai karena saat itu menjanjikan dan tidak sakit,” kata Suharto dikutip Merdeka.com, Senin (16/8/2021).

Suharto sangat berhati-hati dalam menjalankan perannya sebagai petani. Seiring waktu, manfaatnya bisa berlipat ganda. Sampai akhirnya dia bisa mengumpulkan cukup uang untuk membeli apa yang dia impikan.

“Pertanian juga bisa (memenuhi) mimpi yang belum tercapai. Seperti mobil yang cukup keren atau Harley, ternyata apa saja bisa dilakukan dengan hasil pertanian,” kata Suharto.

Suharto berhasil membeli sepeda motor mewah, Harley Davidson. Bahkan saat remaja ia menyukai desain sepeda motor besar.

“Untuk Harley Davidson yang saya pakai, sudah lama saya tidak melihat orang naik Harley, kelihatannya nyaman. Panennya lumayan besar, harganya bagus, saya beli Harley,” sambungnya pergi.
Mendorong masyarakat untuk menjadi petani

Selama ini belum banyak orang yang tertarik menjadi petani. Terutama anak muda. Maka Suharto berusaha membuat orang ingin menjadi petani.

Menurutnya, tidak ada kendala berarti baginya saat memutuskan menjadi petani. Terutama melalui sistem pemasaran.

Saat ini ada metode pemasaran yang lebih dan lebih kuat. Dengan cara-cara tersebut, petani bisa meraup untung berkali-kali lipat.

“Saat ini sangat mudah untuk menjual hasil pertanian atau produk yang terbuat dari sawah, tidak ada hambatan. Jangan takut pemasaran,” tutupnya.

Sumber :