Fakta Menarik Tentang Kehebatan Drone MQ-9 Reaper

Posted on

Fakta Menarik Tentang Kehebatan Drone MQ-9 Reaper

Pada awal 2020, dunia diguncang oleh serangan Amerika Serikat yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani. Fakta menarik dari kejadian ini adalah serangan mendadak dengan drone atau yang disebut dengan drone. Presiden Donald Trump menyetujui serangan itu menggunakan drone MQ-9 Reaper.

Fakta-Menarik-Tentang-Kehebatan-Drone-MQ-9-Reaper

MQ-9 Reaper adalah nama drone militer Amerika yang digunakan untuk pengintaian, pengawasan dan serangan. Pertama kali diterbangkan pada tahun 2001 dirancang oleh Abraham Karem dan masih digunakan sampai sekarang.

Awalnya drone ini bernama “Predator B”, kemudian berganti nama menjadi Reaper. Reaper artinya kematian, tidak heran nama ini lebih tepat dan lebih liar karena drone ini telah membunuh banyak orang selama 18 tahun beroperasi.

Jika Anda menyukai drone, Anda pasti penasaran dengan apa yang dapat dilakukan MQ-9 Reaper. Jadi perhatikan pembahasan berikut ini.

Ukuran dan spesifikasi Drone Reaper MQ-9

Ukuran Drone MQ-9 Reaper terbilang cukup besar dibandingkan drone pada umumnya. MQ-9 memiliki panjang 11 meter, tinggi 3,81 meter, dan lebar sayap 20 meter.

Beratnya 2.223 kilogram saat kosong dan dapat membawa beban maksimum 4.760 kilogram saat dinyalakan.

Mesin MQ-9 memiliki output 900 hp dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 482 km / jam.

Drone ini tentunya dikendalikan dari jarak jauh, yang membutuhkan 2 orang awak.
Kemampuan dan kekuatan Drone MQ-9 Reaper

Kemampuan drone pertama MQ-9 Reaper adalah melakukan pengintaian dari 25.000 kaki hingga 50.000 kaki.

Sebagai ilustrasi, ketinggian awan di langit umumnya bergantung pada lokasi geografis. Lapisan awan terendah biasanya berada di kisaran 6.000 hingga 25.000 kaki.

Jika Anda menerbangkan MQ-9 di ketinggian 50.000 kaki, pengawasan sempurna karena tidak dapat dilihat oleh penghuni darat.

MQ-9 tentu saja dilengkapi dengan kamera untuk pengawasan udara. Tapi jangan bingung dengan drone kamera yang bisa Anda beli di pasar.

Drone biasa memang bisa merekam video 4K, hasilnya pasti tajam dan jernih. Belum lagi warnanya terlihat detail. Namun, perlu diingat bahwa drone MQ-9 tidak mengambil bidikan close-up seperti yang dilakukan drone biasa. Namun dari ketinggian 25.000 hingga 50.000 kaki dan dengan kecepatan tinggi itu bisa mencapai 482 km / jam.

Kamera MQ-9 harus dapat membaca pelat nomor dari jarak 3,2 km bahkan dari ketinggian dan kecepatan tinggi. Selain itu, ada fungsi inframerah yang dapat digunakan untuk mengamati medan siang dan malam.
Harga drone MQ-9

Harga drone MQ-9 adalah $ 64,2 juta atau sekitar 883 miliar rupiah. Ini fantastis.
Drone MQ-9 Reaper dapat membawa banyak senjata

Sementara drone biasa hanya dapat terbang dan mengambil foto, MQ-9 dapat menyerang target dengan senjata.

Dijuluki “Reaper”, drone ini dapat membawa banyak senjata dengan berat hingga 1.000 kilogram.

Kisaran senjata yang bisa dibawa antara lain rudal AGM-114 Hellfire hingga bom GBU-12 Paveway II.

Semua senjata mematikan ini bisa dilakukan dari jarak jauh. Dengan bantuan satelit, 2 operator mengendalikan drone MQ-9, yang juga dapat mengeksekusi roket atau bom. Karena jalur jaringan jauh dari kontrol pengawasan ke satelit baru ke drone, setiap perintah memiliki waktu tunda kira-kira. 1,2 detik sebelum eksekusi.

MQ-9 memiliki enam slot amunisi, yang masing-masing dapat menampung senjata seberat 680 kg. Sayap tengah juga memasok hingga 270 kg amunisi dan 91 kg per sayap luar.
Daya tahan dan waktu penerbangan yang lama
MQ 9 Reaper UAV

Rata-rata berapa lama drone Anda bisa terbang? 20 menit ? 30 menit ?

Drone MQ-9 Reaper dapat terbang hingga 35 jam. Namun, dengan tangki bahan bakar eksternal, umur pemakaian bisa lebih lama lagi, 49 jam atau sekitar 2 hari.

Drone ini memungkinkan tangki bahan bakar eksternal untuk dibawa, tetapi terkadang tidak dipasang karena penuh senjata.

Kendati demikian, pemasangan senjata atau tangki bahan bakar sangat fleksibel, hanya tinggal menyesuaikan misi yang akan dijalankan.
Dapat menghancurkan pesawat atau drone lain

Bisa dibayangkan bahwa perang di masa depan adalah perang dengan drone seperti MQ-9. Drone yang dikendalikan dari jarak jauh ini dapat menghancurkan drone lain dengan bantuan satelit ini.

Selain menjatuhkan bom dan meluncurkan rudal ke target darat, MQ-9 dapat melakukan misi pertahanan udara.

Pada 2017, MQ-9 berhasil menembak jatuh drone bermanuver lainnya. Acara ini menandai pertama kalinya “Reaper” menghancurkan target di udara.

Drone yang hancur adalah bagian dari latihan rutin;

 

 

Lihat Juga :