Komunikasi bisnis: definisi, tujuan, elemen, faktor

Posted on

Definisi komunikasi bisnis
Buka baca cepat

Komunikasi bisnis adalah transmisi pendapat, pemikiran, konsep, dan wawasan di mana tujuan tercapai, secara alami dipersiapkan dengan individu atau kelompok menggunakan atribut, simbol, dan simbol. Secara umum komunikasi bisnis adalah suatu proses penyajian dan penerimaan pesan dan informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk memberikan efek positif atau mencapai efek tertentu yang diimpikan.
Pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli

Komunikasi-bisnis-definisi-tujuan-elemen-faktor

Berikut 10 pendapat ahli tentang pentingnya komunikasi bisnis, di antaranya sebagai berikut:

Menurut Djoko Purwanto, M.B.A.

Menurut Djoko Purwanto, M.B.A., komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dapat digunakan dalam dunia bisnis dan dapat mencakup berbagai jenis komunikasi sosial, baik lisan maupun tulisan, untuk dapat mencapai suatu tujuan tertentu.
Selengkapnya: Karakteristik Wirausaha Menurut Para Ahli

Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, komunikasi bisnis adalah transmisi informasi atau ide yang bermakna yang diterima melalui tujuan sosial tertentu dengan individu atau kelompok yang menerapkan representasi atau karakter.

Menurut Persing

Menurut Persing, komunikasi bisnis adalah proses merepresentasikan makna melalui penggunaan karakter yang bermakna yang mencakup beberapa faktor yang terkait dengan bagian lisan dan tertulis yang dapat dilakukan di lembaga yang membiayai masyarakat dengan melakukan barang dan jasa pada saat yang sama dan mendapatkan dipromosikan. Keuntungan.

Menurut Rosenbalt

Menurut Rosenbalt, komunikasi bisnis adalah suatu transfer ide, opini, instruksi, fakta, atau sejenisnya yang dapat disajikan baik secara individu maupun kelompok dengan mendefinisikan karakter atau atribut untuk mencapai suatu tujuan bisnis.

Menurut Curtis

Menurut Curtis, komunikasi bisnis adalah komunikasi dalam lembaga bisnis yang dapat menyelesaikan kasus dan mengambil keputusan.

Menurut William C. Himstreet dan Wyne Murlin Baty

Menurut William C. Himstreet dan Wyne Murlin Baty, komunikasi bisnis merupakan transisi ide yang dilakukan antar individu dengan menggunakan suatu lembaga yang dapat dilakukan dengan simbol, tanda, maupun karakter dan aktivitas.

Menurut William Albig

Dalam pandangan William Albig, komunikasi bisnis adalah transmisi ide, instruksi, fakta, dan sejenisnya, yang memiliki tujuan tertentu dan dibagikan kepada individu atau kelompok yang mengasosiasikan karakter dan karakter.

Menurut Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, komunikasi bisnis merupakan aktivitas yang dibutuhkan untuk memenuhi suatu minat atau keinginan dengan suatu proses transisi.

Menurut Hughess dan Kapoor

Dalam pandangan Hughess dan Kapoor, komunikasi bisnis adalah suatu aktivitas atau dapat berupa kesepakatan terstruktur satu kali untuk mendapatkan dan menjual barang dan jasa yang dapat menguntungkan dan melengkapi kepentingan masyarakat.
Baca lebih lanjut: Saham adalah

Tujuan komunikasi bisnis

Sasaran komunikasi bisnis yang ditempuh antara lain:
1. Memberi informasi (menginformasikan)

Dalam hal ini informasi yang diberikan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya, seorang manajer pemasaran ingin meningkatkan penjualan dengan produk baru dan mencoba beriklan di media yang berbeda.

Setiap media juga memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi biaya maupun dampak yang ditimbulkannya. Cara penyampaian informasi di setiap media juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan periklanan.
2. Membujuk (membujuk)

Persuasi merupakan alat komunikasi yang dapat digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi sering dilakukan dalam kegiatan pemasaran agar orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk, serta dalam mengkonfirmasikan pesanan pelanggan agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.
3. Kerjasama (kolaborasi)

Kolaborasi adalah bentuk kolaborasi, interaksi, dan kompromi antara pihak-pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang menerima konsekuensi dan manfaat. Kolaborasi bisnis dapat dipermudah dengan komunikasi yang baik.

Komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan media yang berbeda. Misalnya lewat telepon / smartphone, chat, email dan lain-lain.
Elemen komunikasi bisnis

Ada sebuah

BACA JUGA :