5 Cara Membangun Rumah Dari Nol, Yuk Cek!

Posted on

5 tahap membangun rumah dari awal, perhatikan titik awal yang penting

5 Cara Membangun Rumah Dari Nol, Yuk Cek!

1. Rencanakan budget Anda dengan matang dan dapatkan referensi sebanyak-banyaknya

Dasar membangun rumah adalah perencanaan yang matang, mulai dari aspek budget dan mencari referensi. Membangun rumah dari awal sebenarnya dituntut untuk merencanakan anggaran yang sangat matang dan tidak over budget. Biasanya, pemilik rumah bisa mendapatkan rencana untuk membangun rumah dari jasa desain rumah atau arsitek profesional.

Pemilik rumah juga bisa merencanakan konsep rumah yang akan dibangun secara mandiri dan mendiskusikannya langsung dengan pengrajin. Pemilik rumah juga perlu mengetahui secara pasti jenis rumah yang mereka butuhkan agar proses perencanaan dan pembangunan anggaran lebih efisien. Tips membangun rumah juga bisa ditemukan di media sosial seperti pinterest atau majalah arsitektur bangunan.
2. Survei toko perangkat keras dan temukan bahan dengan harga termurah

Tahap mencari toko hardware yang murah dan berkualitas merupakan tahap yang penting dan cukup sulit. Namun, tahapan ini harus dilakukan jika ingin membangun rumah dari nol. Karena material yang digunakan untuk membangun rumah merupakan aspek terpenting yang perlu diperhatikan oleh pemilik rumah.

Pemilik rumah juga memiliki banyak pertanyaan untuk diajukan dan mendapatkan rekomendasi dari teman, tetangga, atau orang tua untuk toko perangkat keras. Tentunya toko konstruksi yang direkomendasikan oleh orang terdekat lebih menjamin kualitas dan kesesuaian harga.

Baca juga 5 Cara Membangun Rumah Dengan Dana 15 Juta, Aman dan Layak Huni
3. Temukan pembangun grosir

Cara membangun rumah dari nol selanjutnya adalah dengan meminta jasa tukang bangunan secara grosir. Pemilik rumah juga harus menemukan kontraktor yang dapat mereka percayai dan yang memiliki cara kerja yang benar.

Mencari rekomendasi jasa konstruksi grosir dari kerabat dekat atau teman juga menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Hal ini untuk mengamankan reputasi builder yang ingin menggunakannya.
4. Pilih konsep bangunan rumah minimalis

cara membangun rumah dari awal

Bangunan rumah minimalis tidak hanya sangat populer akhir-akhir ini, tetapi juga menjadi alternatif bagi pemilik rumah yang ingin membangun rumah dari awal. Selain menjadi peluang untuk menekan budget, konsep rumah minimalis juga bisa menawarkan nilai estetika yang baik. Berikut keuntungan yang didapat pemilik rumah saat memilih konsep hidup minimalis:

Tidak memakan banyak tempat, sehingga dapat mengurangi anggaran pembangunan.
Anda tidak perlu membeli banyak perabot pengisi ruangan.
Memiliki ruangan multifungsi. Ruang tamu juga bisa menjadi ruang keluarga, misalnya.
Anda tidak memerlukan arsitek profesional karena pemilik rumah dapat mencari referensi di internet.

Baca juga perkiraan biaya membangun rumah minimalis type 36 termurah
5. Bangun rumah secara bertahap

Pola pikir membangun rumah sepotong demi sepotong dan sesuai anggaran adalah cara agar pemilik rumah bebas stres saat membangun rumah dari awal. Pemilik rumah bisa memulai dengan membangun rumah dari bagian terpenting atau fungsional seperti dapur, kamar tidur dan toilet. Bagian lain seperti ruangan yang menambah estetika rumah bisa dibangun nantinya.

Itulah 5 cara membangun rumah dari nol yang patut didengar dan dicoba oleh pemilik rumah yang berencana mengubah model rumahnya. Syarat terpenting saat membangun rumah adalah merencanakan anggaran. Karena itu, pastikan pemilik rumah telah menyiapkan anggaran yang matang.

Sumber :