Cara memverifikasi Alat Webmaster Google

Posted on

Salah satu hal terpenting tentang mengoptimalkan situs web WordPress untuk mesin pencari adalah menambahkannya ke Alat Webmaster Google.

Cara memverifikasi Alat Webmaster Google

Dengan alat ini Anda bisa mendapatkan analisis kinerja situs web Anda di pencarian Google. Hasil analisa ini tentunya dapat digunakan untuk optimasi website agar bekerja lebih baik lagi.

Cara-memverifikasi-Alat-Webmaster-Google

Namun, untuk menggunakan alat ini, Anda harus terlebih dahulu memverifikasi Alat Webmaster Google. Mari kita lihat bagaimana!

Apa itu Alat Webmaster Google?

Google Webmaster Tools (saat ini Google Search Console) adalah alat yang disediakan oleh Google untuk penerbit agar situs web mereka lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Alat ini menyediakan laporan dan data untuk membantu Anda memahami bagaimana halaman situs web Anda muncul di hasil pencarian.

Anda dapat mempelajari hasil pencarian situs web di pencarian Google dan mempelajari seberapa sering konten diklik. Data ini dapat membantu Anda meningkatkan artikel yang Anda tulis, membantu menulis artikel baru, dan menentukan strategi terbaik untuk situs web Anda.

Alat Webmaster Google juga memungkinkan Anda mengirimkan peta situs XML situs Anda, mengecualikan URL, dan membantu Google menampilkan konten terpenting di situs Anda.

Selain itu, alat ini juga dapat memberi tahu Anda ketika ada masalah dengan situs web Anda yang menyebabkan Google berhenti merayapi dan berhenti mengindeks situs web Anda.

Baca Juga : Cara Verifikasi dan Menggunakan Bing Webmaster [Full]

Cara memeriksa Alat Webmaster Google secara manual

Jika Anda ingin memverifikasi Alat Webmaster Google secara manual, ikuti langkah-langkah berikut:

Tambahkan situs web Anda ke Google Webmaster
Pilih metode verifikasi
Instal kode verifikasi di situs web Anda
Konfirmasi di Google Webmaster

Berikut penjelasan detailnya!
1. Tambahkan situs web Anda ke Google Webmaster

Langkah pertama adalah menambahkan website dengan mengakses Google Webmaster Tools. Masuk dengan akun Google Anda. Kemudian masukkan alamat URL situs web Anda di bidang Awalan URL. Kemudian klik Berikutnya.
2. Pilih metode verifikasi Google Webmaster

Halaman berikutnya akan meminta Anda untuk memverifikasi kepemilikan situs web yang ditambahkan. Silakan gulir ke bawah dan pilih Metode verifikasi lainnya.
Pilih metode verifikasi Google Webmaster

Ada beberapa cara pengecekan yang bisa Anda lakukan. Dapat menggunakan file HTML, tag HTML, Google Analytics, Google Pengelola Tag, dan Penyedia Nama Domain.

Pilih salah satu metode verifikasi di atas. Di bagian selanjutnya, kami akan membahas semua metode, jadi Anda hanya perlu memilih salah satu yang paling mudah bagi Anda.
3. Tempatkan kode verifikasi di situs web Anda

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa cara untuk menginstal kode verifikasi secara manual di situs WordPress Anda, yaitu:

Menggunakan file HTML
Penggunaan tag HTML
Penggunaan Google Analytics
Penggunaan Google Pengelola Tag
Menggunakan Penyedia Nama Domain

Mari kita bahas satu per satu!
Menggunakan file HTML

Anda dapat memverifikasi Google Webmaster dengan menempelkan file HTML ke folder situs web Anda. Untuk mengupload folder website Anda bisa menggunakan FTP seperti FileZilla atau File Manager. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan file manager.

Caranya, klik dulu metode file HTML. Kemudian klik file tersebut untuk mendownload file tersebut.
Verifikasi webmaster Google menggunakan file HTML

Setelah itu, login terlebih dahulu ke cPanel dengan akun hosting. Kemudian cari menu file manager.

Pilih folder situs web Anda. Jika website berada di domain utama, pilih folder public_html, lalu klik Upload dan masukkan file HTML yang telah Anda download tadi.

Setelah pengunggahan selesai, kembali ke Halaman Webmaster Google dan klik Konfirmasi. Tunggu hingga muncul notifikasi sukses.
Penggunaan tag HTML

Pada halaman Verifikasi Kepemilikan, klik Tag HTML. Kemudian salin tag meta yang muncul untuk ditempelkan ke tag <head> situs web Anda.
Verifikasi dengan tag HTML

Anda dapat menempelkan meta tag yang disalin ke header situs web menggunakan plugin Tempel Header & Footers.
Instal Sisipkan header dan footer

Masuk ke dasbor WordPress Anda. Kemudian pilih menu Plugins > Add New. Kemudian cari plugin Insert Header and Footer, klik Install Now > Activate.

Setelah diaktifkan, klik Pengaturan > Sisipkan Header & Footer lalu tempelkan tag meta di bagian atas

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel