Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya

Posted on

Kebanyakan orang, mungkin Anda, belum familiar dengan istilah “OSI layer”. Padahal kamu sering menggunakannya hampir setiap hari tanpa sepengetahuan kamu, lho. Apa pendapat Anda tentang OSI? Berikut penjelasannya.

Apa-Itu-OSI-Layer,-Fungsi-OSI-Layer,-dan-Cara-Kerjanya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya

definisi

OSI adalah singkatan dari “Open Systems Interconnection” yang artinya “Open System Interconnection” dalam bahasa Indonesia. Arti itu sendiri memiliki beberapa, seperti berikut ini:

OSI merupakan model konseptual yang dibuat oleh Organisasi Internasional (ISO) untuk menstandarkan berbagai sistem komunikasi sehingga proses komunikasinya menggunakan protokol standar.
Dalam pengertian yang lebih sederhana, OSI memberikan standar untuk komunikasi antara sistem komputer yang berbeda.
Ada juga definisi OSI sebagai kerangka kerja konseptual yang digunakan untuk menggambarkan fungsi sistem jaringan.
Sumber lain menjelaskan bahwa OSI adalah tujuh lapisan yang berkomunikasi dengan sistem komputer melalui jaringan.

OSI muncul pada awal 1980-an dan merupakan model standar pertama untuk komunikasi jaringan yang diadopsi oleh semua perusahaan komputer dan telekomunikasi besar.

Namun, OSI tidak diperkenalkan secara resmi hingga tahun 1983 dan diadopsi oleh ISO sebagai standar internasional pada tahun 1984.

Internet modern tidak didasarkan pada OSI, tetapi pada model TCP / IP (Transmission Control / Internet Protocol) yang lebih sederhana.

Akan tetapi, model OSI 7-lapis masih banyak digunakan karena memudahkan untuk memvisualisasikan dan mengkomunikasikan fungsi jaringan dan untuk mengisolasi serta memperbaiki masalah jaringan.

Dengan kata lain, OSI membantu memberikan gambaran visual tentang apa yang terjadi dengan sistem jaringan tertentu.

Memahami model OSI dan lapisannya juga dapat membantu Anda memahami protokol dan perangkat mana yang dapat berinteraksi satu sama lain saat mengembangkan dan menjelaskan teknologi baru.
Lapisan OSI

Lapisan OSI terbagi menjadi dua kelompok, yaitu lapisan bawah yang terdiri dari lapisan pertama hingga keempat, dan lapisan atas yang terdiri dari lapisan kelima hingga tujuh.

Fungsi utama dari lapisan bawah adalah untuk mengawasi pergerakan data di jaringan.

Sementara itu, lapisan atas bertanggung jawab untuk mendistribusikan data ke luar jaringan. Setiap deskripsi dari setiap lapisan adalah sebagai berikut:
1. Lapisan fisik

Lapisan fisik

Lapisan fisik, juga dikenal sebagai lapisan fisik, adalah lapisan pertama atau terendah dari OSI.

Lapisan ini berkaitan dengan transmisi listrik atau optik dari bit data mentah yang tidak terstruktur melalui jaringan dari lapisan fisik perangkat pengirim ke lapisan fisik perangkat penerima.

Transmisi ini dapat mencakup spesifikasi seperti tegangan, tata letak pin, kabel, dan frekuensi radio.

Di tingkat fisik, Anda akan menemukan sumber daya fisik seperti hub jaringan, kabel, repeater, adaptor jaringan, atau modem.
2. Lapisan data link

Tingkat transfer data

Pergeseran ini memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

Mengirimkan bingkai data tanpa kesalahan
Selesaikan bug yang mungkin muncul di bidang fisik
Mendefinisikan format data di jaringan
Menyediakan komunikasi yang andal dan efisien antara dua atau lebih perangkat
Mengidentifikasi setiap perangkat yang terletak di jaringan lokal

Lapisan data link berisi dua sub-lapisan, yaitu:

Lapisan pertama disebut Logical Link Control Layer, yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan paket ke lapisan jaringan penerima, mengidentifikasi alamat protokol lapisan jaringan dari header, dan menyediakan kontrol aliran.
Lapisan kedua dikenal sebagai Media Access Control Layer. Ini adalah lapisan koneksi antara Logical Link Control Layer dan lapisan fisik jaringan. Lapisan ini digunakan untuk mengirimkan paket melalui jaringan.

Lapisan jaringan ke-3

Lapisan jaringan

Lapisan jaringan bertanggung jawab untuk menerima bingkai dari lapisan data link dan kemudian mengirimkannya ke tujuan yang dituju berdasarkan alamat yang terdapat dalam bingkai.

Lapisan jaringan dapat menemukan tujuannya menggunakan alamat logis seperti IP (Protokol Internet).

Karena itu, router adalah komponen penting pada level ini, berguna untuk mengarahkan informasi ke tempat yang dibutuhkan dan untuk mengirimkan jaringan ke node tujuan.

 

  Lihat Juga : cara download video youtube