Pengertian bela negara: dasar hukum, unsur, kelebihan, contoh

Posted on

Pengertian bela negara: dasar hukum, unsur, kelebihan, contoh

Definisi bela negara

Bela negara adalah suatu konsep yang disatukan oleh perangkat hukum dan otoritas negara tentang patriotisme seseorang, kelompok, atau seluruh bagian suatu negara untuk kepentingan tegaknya eksistensi negara.

Pengertian-bela-negara-dasar-hukum-unsur-kelebihan-contoh

Secara fisik dapat diartikan sebagai perusahaan pertahanan yang terkena serangan fisik atau agresi dari pihak-pihak yang mengancam eksistensi negara, sedangkan konsep non fisik dimaknai sebagai upaya dan berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara. baik melalui pendidikan, kesusilaan, kemasyarakatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang membentuk bangsa.

Landasan konsep bela negara adalah adanya wajib militer. Subjek dari konsep ini adalah tentara atau aparat pertahanan negara lainnya, baik sebagai pekerjaan yang dipilih maupun sebagai hasil dari wajib militer (wajib militer).

Beberapa negara (misalnya Israel, Iran) dan Singapura menyediakan warga negara yang memenuhi syarat wajib militer (dengan pengecualian pengecualian untuk alasan tertentu, seperti keyakinan fisik, mental, atau agama). Sebuah negara dengan sukarelawan militer yang lengkap biasanya tidak membutuhkan layanan warga sipil yang direkrut di ketentaraan kecuali negara itu menghadapi krisis perekrutan perang.

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, dan Inggris Raya (Inggris), pelatihan militer dilakukan untuk bela negara, biasanya satu akhir pekan dalam sebulan. Anda dapat melakukan ini sebagai individu atau sebagai anggota resimen, seperti Tentara Teritorial Inggris. Dalam beberapa kasus, milisi dapat menjadi bagian dari cadangan militer seperti Pengawal Nasional Amerika Serikat.

Di negara lain, seperti Republik Tiongkok (Taiwan), Republik Korea, dan Israel, diwajibkan selama beberapa tahun setelah seseorang menyelesaikan dinas nasionalnya.

Satuan cadangan anggota militer berbeda dengan pembentukan cadangan, terkadang disebut sebagai cadangan militer. Ini adalah sekelompok atau unit personel militer yang tidak diharuskan untuk bertempur oleh komandannya agar bersedia berdagang dalam situasi tak terduga yang memperkuat pertahanan negara.
Pengertian bela negara menurut para ahli

Menurut Chaidir Basrie

Bela negara adalah sikap, keteguhan dan tindakan warga negara yang berhati-hati, tertib, terintegrasi dan terus menerus dipermudah berdasarkan kecintaan pada tanah, kesadaran cinta tanah air, kesadaran cinta tanah air, kesadaran nasional, rasa amanah, dan rasa loyalitas terhadap tanah air. Pancasila sebagai ideologi negara.

Menurut Darji Darmodiharjo,

Bela negara diartikan dengan gelar doktor dalam kemampuan menciptakan sistem pertahanan keamanan nasional yang dapat mengamankan perjuangan nasional secara umum dan berhasil.

Menurut Sunarso

Pengertian bela negara harus mencakup empat hal penting yang harus kita capai, yaitu persatuan kemerdekaan dan kedaulatan negara, baik persatuan dan kesatuan bangsa, ketiga dan keutuhan daerah, serta yurisdiksi empat nilai Pancasila dan UUD 1945. .

Menurut Purnomo Yusgiantoro,

Bela Negara Merupakan sikap berperilaku warga negara yang dibangun dengan cinta kasih kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.
Lihat juga: Barter adalah

Dalam rangka memajukan sikap bela negara, seseorang dapat memperoleh beberapa bentuk pelatihan yang ekstensif dan berkesinambungan sehingga dapat dimaksimalkan pelatihan pembentukan sikap bela negara.

Menurut Sutarman

Pentingnya mempertahankan tanah memiliki dua bagian yaitu fisik dan non fisik. Pertahanan fisik negara ini untuk warga negara yang maju dan berperang dengan senjata di pundak mereka.

Sedangkan untuk pertahanan non-negara, pertahanan fisik negara adalah pengadilan militer yang dipimpin oleh warga negara yang tidak maju langsung ke medan perang dan angkat senjata, melainkan melalui pendidikan kewarganegaraan dan keterlibatan sesuai dengan profesinya masing-masing.

Menurut Wikipedia

Bela negara adalah suatu konsep yang dipersatukan oleh undang-undang dan perangkat tingkat tinggi dalam suatu negara mengenai patriotisme seseorang, kelompok, dan komponen negara suatu negara untuk kepentingan eksistensi negara.

 

 

LIHAT JUGA :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/
https://ruangseni.com/
https://www.kakakpintar.id/
https://www.belajarbahasainggrisku.id/
https://duniapendidikan.co.id/
https://pengajar.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://appbrain.co.id/
https://nomorcallcenter.id/
https://callcenters.id/