Pengertian Billboard, Fungsi, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Posted on

Pahami Billboard itu

Billboard adalah salah satu bentuk iklan untuk iklan luar ruang atau baliho yang berukuran cukup besar dan biasanya menempati posisi yang tinggi.

 

Pengertian-Billboard,-Fungsi,-Ciri,-Kelebihan-dan-Kekurangan

Pendapat lainnya adalah bahwa billboard adalah baliho berukuran besar yang berisi tulisan atau gambar yang memuat informasi, baik pengumuman maupun iklan serta promosi suatu produk perusahaan. Biasanya papan reklame ditempatkan di tempat yang ramai dan dipasang banyak orang dengan ukuran yang cukup tinggi dan besar.

Baliho umumnya berbentuk bujur sangkar dan terbuat dari kayu, logam, fiberglass, kain, kaca, plastik, dan bahan lainnya. Pemasangan reklame biasanya berdiri sendiri yaitu dengan konstruksi tetap. Namun, ada juga baliho yang dipasang di gedung lain, seperti di atas toko.

Di Indonesia, kata poster dikenal dengan istilah poster yang terbuat dari bahan kayu, logam, kain, fiberglass, plastik, dan kaca yang dipasang di tempat tinggi. Banyak juga yang melekat pada bangunan dengan konstruksi permanen dan bersifat permanen. Kemudian reklame yang biasanya terpampang di atas bisnis bisa dikategorikan sebagai reklame.

Selain dipasang di perempatan dan perempatan, banyak juga papan reklame yang dipasang di jalan tol di gedung tinggi yang mudah dilihat banyak orang, untuk mendorong masyarakat membaca dan memahami informasi.

Fungsi poster

Fungsi umum papan reklame adalah untuk menyampaikan pesan tertentu kepada penonton. Berikut fungsi-fungsi papan reklame:

  1. Untuk materi iklan yang dipasang di luar ruangan agar dapat terbaca oleh penonton.
  2. Sebagai bahan iklan untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan.
  3. Untuk menandai merek atau produk suatu perusahaan.
  4. Sehingga media dapat menyampaikan informasi singkat kepada khalayak.

Fungsi billboard

Billboard memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan media informasi lainnya. Berikut ciri-ciri papan reklame:

  • Biasanya baliho berukuran besar dengan perbandingan tinggi dan lebar 2: 3.
  • Saat menggunakan warna pada baliho, warna kontras biasanya digunakan agar lebih mudah dilihat dan dibaca oleh penonton.
  • Huruf dan gambar pada papan reklame dibuat besar untuk dilihat dan dibaca oleh penonton yang lewat.
  • Umumnya reklame dipasang di area yang sering kita lewati, mis. B. di persimpangan atau persimpangan jalan utama.

Pro dan kontra dari billboard

Layaknya media informasi lainnya, baliho memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut pro dan kontra dari papan reklame:

1. Manfaat Billboard

Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi secara ringkas dan jelas.
Poster Sebagai media komunikasi dan informasi yang dapat menjangkau daerah setempat.
Billboard Menjadi media informasi yang efektif dan tepat sasaran bagi khalayak bila ditempatkan di tempat yang sesuai.

2. Kontra Billboard

Karena ukurannya, reklame membutuhkan area yang luas untuk menempatkan reklame tersebut.
Karena berada di luar ruangan, kondisi fisik baliho bisa cepat rusak karena seringnya perubahan cuaca, mis. B. saat warnanya memudar di dalam air.
Informasi pada baliho tersebut bahkan tidak terlihat jika dipasang di area yang jarang dilalui pejalan kaki dan pengendara mobil.

Baca Juga: