Pengertian keyboard adalah: sejarah, jenis dan fungsinya

Posted on

Pengertian keyboard adalah: sejarah, jenis dan fungsinya

Pahami keyboard itu

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol. Atau definisi keyboard adalah perangkat keras pada papan sirkuit berbentuk komputer dan memiliki jumlah tombol yang banyak, fungsi tombol yang berbeda-beda, tergantung dari mesin cetaknya, dapat mengarah pada suatu proses yang sesuai bagi pengguna.

Pengertian-keyboard-adalah-sejarah-jenis-dan-fungsinya

Selain memasukkan data keyboard, juga terdapat berbagai tombol fungsi dengan kombinasi khusus. Secara umum, ada dua jenis konektor keyboard di komputer: PS2 dan USB. Dengan berkembangnya teknologi, kini terdapat keyboard yang dapat digunakan secara nirkabel maupun tanpa kabel.

Sejarah keyboard

Dulu, banyak orang menggunakan mesin ketik biasa dan mesin ketik listrik. Nah, keyboard memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan mesin ketik. Perbedaannya ada pada keluaran atau tampilannya.

Jika kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apapun yang telah dimasukkan. Dengan setiap huruf atau simbol yang kita ketikkan, hasilnya langsung ditampilkan di atas kertas. Tidak demikian halnya dengan keyboard.

Apa yang kita masukan menjadi hasil atau keluaran bisa kita lihat terlebih dahulu di layar monitor, kemudian kita bisa merubah atau merubah bentuk tulisan, salah ketik dan lain-lain.

Seperti “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan kabel di keyboard. Ujung kabel masuk ke konektor pada CPU komputer.

Keyboard adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai instruksi atau perintah di komputer. Perkembangan keyboard komputer terinspirasi dari pengembangan mesin tik berdasarkan desain Christopher Latham pada tahun 1868 dan dipasarkan secara besar-besaran oleh Remington Company pada tahun 1877.

Keyboard komputer pertama diadaptasi dari punch card dan teknologi teletype. Pada tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu berlubang sebagai perangkat input dan output.

Saat kita mendengar kata “keyboard”, pikiran kita tidak lepas dari keberadaan komputer karena keyboard adalah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk memasukkan kalimat dan simbol khusus lainnya di komputer. Keyboard artinya keyboard atau keyboard dalam bahasa Indonesia.

Keyboard memiliki tombol untuk huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti: `~ @ # $% ^ & * () _ – + = <> /,. ? :; “‘\ | serta kunci khusus lainnya dengan total 104 kunci. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tombol adalah 52 tombol.

Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, namun saat ini model keyboard sangat berbeda. Keyboard paling populer adalah keyboard QWERTY 101 tombol. Sebagian besar papan tombol memiliki tombol yang dibagi menjadi beberapa bagian berikut:

Kunci alfanumerik
Keyboard numerik
Tombol fungsi
Kunci pengubah
Tombol gerakan kursor.

Selain itu, saat menggunakan aplikasi wanita. Di Office (khususnya MS. Word) terdapat beberapa tombol keyboard yang memiliki fungsi jika digabungkan atau digabungkan dengan tombol lain, mis. B. sebagai berikut:

Ctrl + A = pilih semua

Ctrl + B = tebal

Ctrl + C = salin

Ctrl + D = font

Ctrl + E = perataan tengah

Ctrl + F = Temukan

Ctrl + G = Pergi Ke

Ctrl + H = ganti

Ctrl + I = miring

Ctrl + J = perataan rata

Ctrl + K = masukkan hyperlink

Ctrl + L = Perataan Kiri

Ctrl + M = indentasi gantung

Ctrl + N = NewCtrl + O = OpenCtrl + P = CetakCtrl + Q = Gaya NormalCtrl + R = Perataan KananCtrl + S = Simpan / Simpan SebagaiCtrl + T = Indentasi KiriCtrl + U = Garis BawahCtrl + V = TempelCtrl + W = TutupCtrl + X = CutCtrl + Y = UlangiCtrl + Z = BatalkanCtrl + 1 = Spasi TunggalCtrl + 2 = Spasi Ganda

Ctrl + 5 = 1,5 baris

Ctrl + Esc = menu mulai

 

 

 

Baca Juga :

https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/alight-motion-pro/
https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/video-bokeh-museum/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/distribusi-frekuensi/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/reboisasi/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/pengertian-pers/
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/425/artikel-review-alight-motion-pro
http://10109113.blog.unikom.ac.id/review-alight.87b