Pengertian, Sejarah dan Teknik Permainan Bola Voli

Posted on

Sejarah permainan bola voli

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok yang saling berlawanan. Setiap kelompok memiliki enam pemain. Ada juga variasi permainan voli pantai dimana setiap kelompok hanya memiliki dua orang pemain

Pengertian,-Sejarah-dan-Teknik-Permainan-Bola-Voli

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Bola voli merupakan olahraga yang terdapat disetiap sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Ini adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 kelompok yang bertikai dan setiap kelompok memiliki 6 pemain. Ada variasi permainan bola voli yaitu voli pantai dan bola voli pada lapangan voli biasa. Pendidikan dasar bola voli merupakan media untuk memajukan pertumbuhan jasmani, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan pemikiran, penghayatan nilai (sikap – mental-emosional-sporty-spiritual-sosial) dan membiasakan gaya hidup sehat yang bermuara pada promosi pertumbuhan dan pengembangan kualitas. keseimbangan fisik dan mental.

Selain itu, mengingat semakin maraknya olahraga bola voli di dunia, maka sebaiknya kita sebagai generasi bangsa mengenal beberapa cabang olahraga yang menjadi salah satu pilar bangsa Indonesia saat ini, diantara sekian banyak olahraga yang diminati di Indonesia bahkan bola voli sudah ada. menjadi di seluruh pelosok Indonesia dan tidak tertinggal di Tanah Air. Untuk melakukan ini, kami perlu mengajari siswa kami pentingnya ilmu bola voli dan sejarah singkat bola voli.

Sejarah bola voli di tanah airnya

William G. Morgan (New York, 1870–1942) adalah sosok asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta bola voli.

Morgan Muda menghadiri YMCA (Young Men’s Christian Association) Springfield College. Di sana ia bertemu dengan James Naismith, yang menciptakan bola basket pada tahun 1891. Setelah lulus, ia mulai bekerja sebagai direktur pendidikan jasmani di YMCA di Massachusetts pada tahun 1895. Di sana ia membuat permainan bernama Mintoinette, yang tidak sesulit bola basket untuk orang tua. . 9 Februari 1895 adalah jam lahirnya permainan itu. Permainan ini dikembangkan atas dasar olahraga Jerman lain yang disebut fistball dan kemudian berganti nama menjadi bola voli (voli).

Setelah bertemu James Naismith (pencipta bola basket yang lahir 6 November 1861, dan meninggal 28 November 1939) Morgan menciptakan olahraga baru bernama Mintonette. Seperti James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai guru olahraga. William G. Morgan, yang juga lulusan Springfield College of YMCA, mengembangkan permainan Mintonette empat tahun setelah permainan bola basket James Naismith.

Permainan olahraga Mintonette sebenarnya adalah permainan yang dibuat dengan menggabungkan berbagai jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette dikembangkan dengan mengadopsi empat jenis permainan tokoh olahraga menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan. Awalnya game ini didesain khusus untuk anggota YMCA yang usianya sudah tidak muda lagi. Karenanya, permainan ini menjadi kurang aktif dibandingkan bola basket.

Perubahan nama Mintonette menjadi bola voli (bola voli) terjadi pada tahun 1896 saat pertandingan demonstrasi pertamanya di Sekolah Pelatihan YMCA Internasional. Pada awal tahun 1896, Dr.Luther Halsey Gulick (Direktur Sekolah Pelatihan Pendidikan Jasmani Profesional dan Direktur Eksekutif Divisi Pendidikan Jasmani Komite Internasional YMCA) mengundang Morgan dan memintanya untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah dia kembangkan di stadion kampus. Semua guru olahraga menghadiri Springfield pada konferensi yang diadakan di kampus YMCA. Pada kesempatan kali ini, Morgan menghadirkan dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Dalam kesempatan itu, Morgan juga menyatakan bahwa game merupakan permainan yang dapat dimainkan dengan sangat leluasa di dalam maupun di luar ruangan. Dan menurut penjelasannya saat itu, game ini juga bisa dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan. Sedangkan tujuan permainan ini adalah memindahkan bola dari satu area ke area lain (wilayah lawan) melintasi high net.

Demonstrasi permainan yang diberikan kedua tim, serta deklarasi Morgan, juga menghasilkan perubahan dari Mintonette. Perubahan pertama pada game itu atas nama mereka. Atas saran Profesor Alfred T. Halstead yang juga mengamati dan mengindahkan demonstrasi dan pernyataan Morgan, nama Mintonette diubah menjadi bola voli (volleyball).

 

  Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn