Pengertian Tulang Dada, Fungsi, Proses, Ciri dan Anatomi

Posted on

Apa itu tulang dada (sternum)

pengertian-tulang-dada

Yang dimaksud tulang dada adalah tulang pipih yang terletak di tengah dada. Di sisi kanan ada batang tempat tulang rusuk dipasang. Tulang dada, bersama dengan tulang rusuk, kemudian melindungi paru-paru, jantung, dan pembuluh darah besar dari semua jenis trauma dan kerusakan.

Tulang dada, atau tulang dada, adalah tulang pipih panjang berbentuk seperti dasi yang terletak di tengah dada. Ini terhubung ke tulang rusuk oleh tulang rawan, membentuk bagian depan tulang rusuk dan dengan demikian membantu melindungi paru-paru, jantung, dan pembuluh darah besar dari cedera. Tulang dada terdiri dari tiga wilayah: manubrium, tubuh, dan proses xifoid. Kata tulang dada berasal dari bahasa Yunani στέρνον, yang berarti payudara.

Tulang dada ini ditemukan di sebagian besar vertebrata, kecuali ikan, ular, dan penyu. Bentuknya berbeda, jenisnya berbeda. Pada embrio manusia, tulang dada muncul sebagai dua ligamen tulang rawan yang berfungsi di tengah dada.

Ligamen ini bersatu membentuk enam tulang yang disebut sternabrae yang secara bertahap bergabung membentuk sternum dewasa. Proses ini berlanjut selama seluruh periode dan mungkin tidak akan lengkap sampai usia paruh baya atau bahkan usia lanjut. Penyatuan dimulai dari bagian atas tulang dan turun.

Tulang dada ini panjang, pipih, dan berbentuk tulang, dan seperti huruf “T”. Terdiri dari 3 bagian. Sternabra pertama kali menjadi manubrium, bagian atas tulang yang juga membentuk hub “T”. Manubrium secara kasar berbentuk berlian. Itu lebih lebar di bagian atas yang menghubungkan ke tulang selangka dan lebih sempit di bagian bawah.

Tulang dada

Batas atas manubrium adalah lekukan leher. Nama panggilan sekunder lain untuk wilayah ini adalah suprasternal atau manubrium notch1, yang digambarkan sebagai takik ramping antara tulang selangka yang memanjang di bagian atas sternum.

Sambungan antara manubrium bawah dan tubuh di tulang dada yang bisa atau bisa disentuh disebut sudut sternum. Ini juga merupakan tulang dada yang mudah diraba yang digunakan untuk menemukan struktur / struktur tulang dada lainnya.

Tulang selangka dan tulang rawan dari tujuh tulang rusuk pertama terhubung langsung ke tulang dada. Di bawah setiap takik klavikula, serta sambungan sternoklavikula, ada kompresi atau faset yang disebabkan oleh sendi dengan tulang rawan tulang rusuk pertama.

Tulang rusuk depan ini tidak terhubung langsung ke tulang dada. Tetapi terhubung ke sepotong pendek tulang rawan yang disebut costocartilage. Kostokartilago dan tulang rusuk telah atau telah ditambahkan ke satu sisi gambar ini untuk menunjukkan hubungan.

Tulang rawan kedua terhubung ke tulang dada setinggi sudut tulang dada. Di sisi lain, di depan tulang rusuk kedua, yang berada di sudut sternum pertama di sepanjang sisi lateral tulang rawan dan tulang rusuk. Tulang dada ketiga berhubungan langsung dengan badan tulang dada melalui kartilago kosta ketiga.

Tulang dada ini merupakan tulang pipih yang bentuknya berada di tengah dada.
Ada berapa tulang dada? Tulang dada pada manusia terdiri dari tiga komponen: tulang hulu atau kepala dada, tulang dada, tulang Taju pedang dada.

Susunan tulang dada

Sebutkan beberapa bagian yang berpartisipasi dan lindungi tulang dada juga!

1. Tulang atas / kepala

Terletak di bagian atas tulang dada dan terdapat persendian di dalamnya juga. Di sinilah rusuk pertama dan kedua dipasang. Ia juga dikenal sebagai tulang kepala karena secara anatomis berada di bagian paling atas (di kepala) tulang dada. Sifatnya kokoh, sehingga dapat melindungi bagian bawah dan bagian lain di dalamnya.

2. Tulang tubuh

Ini adalah bagian tengah tempat tulang rusuk ke-3 sampai ke-7 dan ke-8 sampai ke-10 diikatkan.

3. Pedang tulang tagu

Itu adalah tulang yang berada di bagian bawah tulang dada dan terdiri dari tulang rawan. Tulang sangat rentan terhadap trauma karena terdiri dari tulang rawan yang belum berkembang yang mengeras saat dewasa, sehingga identik dengan tulang bayi yang baru lahir.

Fungsi tulang dada

Selama sistem kerja, tulang dada tidak melakukan tugasnya sendiri, tetapi bekerja sama dengan tulang rusuk semua jenis fungsi tulang dada, antara lain sebagai berikut:

1. Menjaga organ di dada

Merawat organ dalam di tulang dada seperti jantung dan paru-paru. Kedua organ ini sangat berpengaruh dalam kelangsungan hidup manusia. Dengan cara ini tulang dada melindungi organ dari segala macam guncangan, trauma dan juga dari pergerakan tubuh manusia itu sendiri, agar dapat menahan posisinya dan juga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

2. Merawat organ tubuh di sekitarnya

Rawat organ di sekitarnya seperti ginjal, lambung, dan limpa. Karena tulang dada, bersama dengan tulang rusuk, memiliki bentuk yang sangat keras dan padat, sangat cocok untuk melindungi organ dalam dari semua jenis benturan, seperti B. sistem ekskresi ginjal dan sistem ekskresi paru.

Misalnya, jika terjadi kecelakaan, benturan keras umumnya tidak dapat dihindari atau tidak dapat dihindari.

3. Mendukung proses pernapasan

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa tulang dada kita tidak dapat atau tidak dapat bernapas dengan lancar, karena tidak ada perlindungan bagi paru-paru, yang merupakan sarana bagi manusia untuk bernafas terhadap segala jenis guncangan dan rangsangan yang berasal dari luar tubuh.

Bila organ pernafasan bisa atau bisa bekerja dan juga terlindungi dengan sangat baik. Dengan cara ini, sistem pernafasan tidak akan terganggu kecuali ada masalah khusus dengan saluran udara.

4. Sebagai bingkai

Sebagai kerangka di mana tulang dada kemudian menyediakan kerangka di mana otot-otot dada, punggung, perut, dan bahu bagian atas dapat dipasang. Di bagian dalam, yaitu di bawah tulang rusuk, juga berfungsi untuk memasang selaput.

Tanpa tulang dada, tubuh manusia tidak akan berbentuk sempurna karena ada atau tidak ada penyangga. Tulang dada ini memperkuat tampilan tubuh dan juga memperindah bentuk postur tubuh.

Anatomi tulang dada

Jumlah tulang dada pada manusia ada 1 yang memiliki struktur yang sama sejak lahir, namun berbeda jika terdapat kelainan akibat cacat lahir atau akibat kecelakaan atau penyakit tertentu.

Semuanya terkait atau berhubungan satu sama lain dan bersama-sama membentuk serta melindungi organ dalam payudara manusia. Susunan ini juga terdiri dari 3 bagian yaitu sebagai berikut:

1. Tulang atas / kepala

Tulang ini berada di bagian atas tulang dada dan juga terdapat persendian di dalamnya. Tulang hulu ini adalah tempat menempelnya tulang rusuk pertama dan kedua, disebut juga tulang kepala, karena secara anatomis terletak di bagian atas atau kepala tulang dada, yang sifatnya kuat sehingga melindungi bagian lain di bawah kaleng dan juga bagian bawahnya. organ di dalamnya. di dalam.

2. Tulang tubuh

Tulang tubuh berada di tengah, tempat menempelkan tulang rusuk ke-3 hingga ke-7, dan kemudian juga sambungan antara tulang rusuk ke-8 hingga ke-10, yang dapat menopang tulang rusuk dengan baik.

3. Pedang tulang tagu

Tulang ini adalah tulang yang terletak di bagian bawah tulang dada dan terdiri dari tulang rawan. Tulang ini adalah tulang rawan dan juga mengalami trauma karena terdiri dari tulang rawan yang tidak berkembang yang menjadi keras seiring bertambahnya usia. Sama seperti tulang bayi yang baru lahir ke dunia ini.

Proses pembentukan tulang

Proses pembentukan tulang disebut juga dengan osifikasi, dan proses ini dibedakan menjadi dua area, yaitu: osifikasi intramembran dan osifikasi intrakartilagen. Pengerasan intramembranisa ini disebut perkuatan langsung, dimana proses ini berlangsung pada tulang pipih.

Contoh osifikasi intracartilagenous adalah pembentukan tulang tubular, yang kemudian menyebabkan tulang di area chakra epifisis menjadi lebih panjang. Ada hal penting yang perlu diketahui nanti, saat penguatan hanya terjadi sekali seumur hidup dan tidak terulang selamanya.

Walaupun beberapa tulang memiliki atau memiliki sifat yang keras atau kuat, ada baiknya jika Anda berusaha menghindari segala macam benturan yang sangat keras, baik berupa kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang atau benturan saat melakukan aktivitas atau aktivitas olahraga.

Sumber :