Peran tumbuhan: definisi, untuk kehidupan, sebagai obat

Posted on

Peran tumbuhan: definisi, untuk kehidupan, sebagai obat

Pahami tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu alam makhluk hidup di alam semesta. Tumbuhan merupakan organisme hidup yang terdapat di dalam ranah Plantae. Biasanya organisme yang melakukan proses fotosintesis diklasifikasikan sebagai tumbuhan. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk melalui proses fotosintesis.

Peran-tumbuhan-definisi-untuk-kehidupan-sebagai-obat

Tumbuhan termasuk semua makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan dengan menggunakan klorofil untuk melalui proses fotosintesis dan menghasilkan pati. Sel tumbuhan berbeda dari sel hewan dalam beberapa hal, termasuk sel tumbuhan dengan dinding sel.
Manfaat tumbuhan bagi kehidupan

Penghasil oksigen

Kita tidak bisa hidup tanpa oksigen. Gas ini dibutuhkan tubuh dalam proses pembakaran nutrisi sehingga menjadi energi. Jika gas ini tidak tersedia, kehidupan manusia dan hewan akan musnah. Oksigen diproduksi oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis.

Fotosintesis itu sendiri memainkan peran yang sangat penting dan tidak hanya menghasilkan oksigen. Nutrisi juga diproduksi oleh tanaman dan didistribusikan ke seluruh bagian tanaman. Selain itu, tumbuhan menyerap dan menggunakan karbondioksida (CO₂).

Gas ini terkenal mampu membentuk perisai pelindung di udara yang membuat suhu udara di bumi semakin panas. Karena semakin banyak tumbuhan menggunakan karbon dioksida, jumlah udaranya semakin sedikit dan suhunya tidak panas.

Sumber makanan

Karena tumbuhan dapat berfotosintesis, maka dapat menghasilkan unsur hara yang nantinya akan digunakan oleh hewan atau manusia.

Daunnya dimanfaatkan hewan sebagai menu utamanya, sedangkan umbinya bisa dimanfaatkan langsung oleh kita. Dengan mengandalkan bantuan tumbuhan, kita terus mendapatkan sumber energi untuk hidup dan bekerja.

Untuk bahan bangunan

Kayu jati, kapur barus, kelapa, dan berbagai jenis lainnya bagus untuk membuat bangunan dan perabot rumah tangga.

Perhatikan beberapa bagian rumah seperti pintu, jendela, meja, dan kursi yang semuanya terbuat dari tanaman dengan batang yang kuat.

Narkoba

Jahe dan kunyit merupakan dua jenis tanaman hias yang sangat umum digunakan untuk obat. Jahe bisa dicampur dengan minuman yang bisa membuat tubuh lebih hangat dan bugar. Padahal kunyit bisa digunakan untuk mengobati luka akibat cakaran.
Lihat juga: Interaksi sosial adalah

Memang baru hanya ada dua jenis, masih banyak jenis tumbuhan lain yang sering digunakan untuk menangkal penyakit di dalam tubuh. Dan Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah berupa tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat.

Buah-buahan juga dimanfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap bugar, sehat, dan bugar.

pupuk

Sisa tanaman yang telah dikeringkan dapat diolah dan dijadikan kompos. Kompos ini merupakan pupuk organik yang sangat ramah lingkungan dan tidak mempengaruhi kesuburan tanah, tetapi meningkatkannya. Sangat berbeda dengan pupuk kimia. Pengolahan sisa-sisa tanaman ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan kemauan keras.

Coba lihat di dalam hutan dimana ada yang membudidayakan tanaman dan pepohonan besar disana. Mereka menyuburkan diri pada daun dan ranting yang tumbang dan akhirnya membusuk sampai bercampur dengan tanah. Hutan tetap subur.

Menjaga air tanah

Pepohonan dan tumbuhan lain yang hidup di hutan dapat menjaga ketersediaan air tanah. Pohon-pohon ini mencegah air mengalir secara tidak langsung ke dataran rendah. Mereka bisa menahan aliran air dan membiarkannya menembus dan menembus tanah.

Air tanah juga menjaga pasokannya dan memungkinkan kita memanfaatkannya selama musim kemarau. Air tanah ini juga bisa menjadi sumber air bagi sungai-sungai besar dunia dan menghidupi banyak orang.

Mencegah banjir dan tanah longsor

Mirip dengan angka 6 di atas, pohon yang menahan air dan membiarkannya menembus tanah dapat mencegah derasnya air saat hujan menembus langsung ke area di bawahnya. Banjir bisa dihindari.

 

BACA JUGA :