Rekonsiliasi bank: definisi, tujuan, fungsi, komponen, bentuk

Posted on

Rekonsiliasi bank: definisi, tujuan, fungsi, komponen, bentuk

Definisi rekonsiliasi bank

Rekonsiliasi bank dapat diartikan sebagai proses menyesuaikan informasi buku kas dengan perusahaan dan bank.

Bank secara berkala mengirimkan rekening koran berupa rekening koran yang memuat informasi seluruh transaksi simpanan dan penagihan nasabah / perusahaan selama jangka waktu yang ditentukan dan dilengkapi dengan sertifikat cek sebagai bukti tambahan.

Rekonsiliasi-bank-definisi-tujuan-fungsi-komponen-bentuk

Dengan kedua alat bukti tersebut maka perusahaan dapat mengetahui apakah ada kesalahan atau kesalahan pencatatan yang menyebabkan adanya perbedaan data antara bank dan perusahaan.
Tujuan rekonsiliasi bank

Berikut tujuan rekonsiliasi bank, yaitu:

Bagaimana cara memeriksa keakuratan rekaman

Apakah Anda ingin membuat laporan keuangan Anda lebih tepat dan tepat? Karenanya, perusahaan Anda harus mematuhi detail transaksi perusahaan dan catatan perbankan pada laporan bank. Dengan pertandingan ini, perusahaan Anda dapat mencari kesalahan rekaman. Jika laporan menunjukkan adanya ketidaksesuaian, maka harus segera disesuaikan dan dilaporkan.

Kenali penipuan

Rekonsiliasi bank juga harus mendeteksi penipuan pada tahap awal. Penipuan akuntansi dapat berupa transaksi fiktif, pendaftaran yang tidak tepat, dan bentuk penipuan lain yang berada di luar kepentingan perusahaan. Berbahaya juga, bukan?

Kontrol keuangan

Dengan voting, perusahaan Anda dapat menentukan apakah dana telah melebihi batas atau tidak. Dalam hal ini, pemungutan suara dimaksudkan untuk mengendalikan keuangan perusahaan Anda. Selain itu, alignment juga dapat digunakan sebagai alat pengendalian internal dalam pengelolaan kas untuk mengetahui apakah penggunaan sumber daya sudah optimal.

Validasi informasi

Koordinasi juga dimaksudkan untuk memvalidasi informasi. Saat pelanggan perusahaan Anda melakukan pembayaran untuk produk tertentu, perusahaan Anda dapat diverifikasi dengan pemungutan suara. Proses ini juga memberikan informasi tentang piutang usaha. Sangat mudah, bukan?

Cek valuta asing biasa

Apakah Anda sering memiliki pelanggan asing dengan pembayaran dengan mata uang asing? Sekarang ketika perusahaan Anda melakukan transaksi mata uang asing, ia menerima selisih nilai tukar yang digunakan. Laporan keuangan Anda harus lebih jelas berkat rekonsiliasi bank.
Lihat juga: √Saraf kranial berada
Fungsi pencocokan bank

Berikut ini adalah fungsi bank matching:

Beberapa orang mungkin masih bingung memahami rekonsiliasi bank, cara kerjanya, serta syarat dan ketentuan yang dikandungnya. Jadi setiap perusahaan perlu memiliki rekening di bank untuk menghemat uang. Jumlah uang yang disetorkan ke perusahaan biasanya hanya berupa uang tunai dalam jumlah kecil.

Membuka rekening bisnis di bank dimaksudkan untuk mengontrol keuangan perusahaan secara umum. Namun, perusahaan perlu memiliki rekam jejak dana yang masuk atau keluar, yang tidak sepenuhnya bergantung pada detail perbankan. Namun, seringkali ada perbedaan antara administrasi perusahaan dan bank karena biayanya tidak diperhitungkan. Misalnya biaya administrasi bank, pembagian bunga, dll.

Perusahaan terdaftar dengan rekening giro di buku transaksi. Di sisi lain, bank juga menyimpan daftar rekening perusahaan saat ini ketika memproses cek, deposito, biaya layanan, dan item bisnis lainnya. Uang kertas ini berisi aktivitas di rekening bank dan saldo yang terkandung di dalamnya.

Pada akhir setiap bulan, bank biasanya menyediakan laporan ini kepada perusahaan. Setelah menerima laporan ini, perusahaan harus memverifikasi bahwa jumlah pada laporan bank sesuai dengan jumlah di rekening kas perusahaan di buku besar.

Proses verifikasi ini dikenal sebagai rekonsiliasi bank. Rekonsiliasi bank merekonsiliasi saldo akuntansi perusahaan dengan informasi terkait pada laporan bank.

Tujuan dari proses ini adalah untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara keduanya. Rekonsiliasi bank harus dilakukan karena informasi dalam laporan bank adalah catatan bank dari semua transaksi yang dipengaruhi oleh rekening bank perusahaan dalam sebulan terakhir.

Rekonsiliasi juga harus dilakukan secara teratur di semua rekening bank untuk memastikan bahwa pengelolaan kas perusahaan sudah benar. Ini juga digunakan untuk kontrol yang lebih baik atas penerimaan dan pembayaran uang.

 

LIHAT JUGA:

 

https://imii.co.id/
https://apartemenjogja.id/
https://bingo.co.id/
https://youtubers.id/
https://lakonlokal.id/
https://pesantrenkilat.id/
https://sorastudio.id/
https://balikpapanstore.id/
https://excite.co.id/
https://technicracy.com/