Tutorial Membangun Brand Positioning Powerful

Posted on

Cara Membangun Positioning Merek yang Kuat

Tutorial Membangun Brand Positioning Powerful

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana membangun brand positioning agar bisnis Anda memiliki pembeda yang kuat di pasar?

Jika belum, sekaranglah saatnya!

Pasalnya, positioning adalah tentang siapa yang pertama kali menciptakan persepsi unik di benak pelanggan. [1] Jangan sampai Anda kalah untuk memulai dengan kompetitor.

Sebelum melanjutkan, sebaiknya Anda memahami apa itu positioning merek dan contohnya.

Hal utama adalah? Berbeda saja tidak cukup. Jadi, mari bawa merek Anda ke level selanjutnya dengan membangun positioning.

Bagaimana Membangun Brand Positioning?

Agar, Anda harus terlebih dahulu mengetahui di mana posisi merek Anda saat ini. Baru kemudian melakukan analisis mendalam dan membuat pernyataan positioning.

Berikut tujuh cara membangun brand positioning agar Anda memiliki posisi ideal di benak pelanggan:

1. Ketahui Posisi Merek Saat Ini

Langkah pertama ini berguna sebagai petunjuk ke mana Anda harus bergerak selanjutnya.

Untuk mengetahui positioning merek Anda saat ini, coba buat survei atau kumpulkan ulasan pelanggan.

Dari umpan balik, temukan kesamaan antara persepsi pelanggan dan apa yang Anda inginkan.

Misalnya, merek Anda ingin dilihat sebagai layanan yang cepat. Namun, kenyataannya pelanggan menganggap merek Anda masih lambat.

Di sinilah Anda bisa mulai bergerak untuk meningkatkan atau memperbaharui persepsi tersebut.

2. Analisis Pesaing Langsung
bagaimana membangun posisi merek

Anda memiliki peluang lebih besar untuk menang jika Anda mengetahui bagaimana pesaing menjalankan bisnisnya, terutama pesaing langsung.

Dilansir dari Conductor [2], ada tiga cara untuk mengetahui siapa pesaing langsung Anda, yaitu:

Lihat nama-nama yang sering muncul dalam pencarian dengan kata kunci yang Anda targetkan.
Tanyakan langsung kepada pelanggan siapa merek pesaing terdekat Anda.
Dengarkan diskusi netizen di media sosial tentang produk atau layanan yang relevan dengan niche bisnis Anda.

Setelah mengantongi setidaknya 10 nama, mulailah untuk mempelajarinya lebih dalam diantaranya:

Produk apa yang diminati dari mereka?

Apa kekuatan dan kelemahan mereka?

Apakah pelanggan mereka sering mengeluh?

Dalam hal apa mereka terlihat unik?

Dari sini Anda bisa mengetahui bagaimana membangun brand positioning yang kuat agar bisa memenangkan persaingan.

3. Analisis Merek Anda Lebih Mendalam

Sementara itu, simpan data dari analisis pesaing untuk langkah keempat.

Setelah mengetahui positioning awal, kini ketahui apa saja kelebihan dan kelemahan brand Anda.

Bagaimana caranya?

Coba gunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Penjelasannya terlihat pada gambar di bawah ini.
bagaimana membangun posisi merek

Analisis SWOT nantinya akan memudahkan Anda untuk menemukan brand positioning yang cocok.

Anda sebenarnya dapat menggunakan metode ini untuk mengambil sampel data pesaing.

4. Temukan Keunikan Merek

Semua data sudah terkumpul, sekarang saatnya membandingkan.

Dari sini biasanya Anda akan melihat pola dan peluang yang bisa Anda manfaatkan.

Mulailah dengan menggambar ide bagaimana merek Anda dapat memberikan nilai lebih dan berbeda dari pesaing.

Misalnya, Anda memiliki bisnis jasa penulisan artikel.
BISNIS KOMPETITOR BISNIS ANDA
Keuntungan Keuntungan
Penulis berpengalaman, memiliki pemahaman tentang jurnalistik dan SEO. Biayanya hampir 50% lebih murah.
Kekurangan Kekurangan
Biayanya mahal karena kualitas tulisannya premium. Pelanggan sering mengeluhkan kualitas tulisan yang dihasilkan.
Keunikan Keunikan
Dipercaya oleh beberapa merek terkenal. Menerima pesanan ekspres.

Dari tabel di atas, Anda seharusnya sudah menemukan brand positioning yang tepat.

Bangun persepsi di benak pelanggan bahwa jasa penulisan Anda dilakukan oleh para profesional dan telah dipercaya oleh brand-brand ternama.

Keunikan ini tidak terlalu menonjol. Namun, yang terpenting adalah memberikan pengalaman yang berharga dan otentik bagi pelanggan.

5. Buat Pernyataan Posisi Merek

Singkatnya, pernyataan positioning merek adalah kalimat untuk menyampaikan nilai unik suatu merek kepada pelanggan. Ini semacam tagline, tetapi lebih deskriptif.

Menurut Geoffrey Moore dalam Crossing the Chasm [3], kalimat pernyataan ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

Untuk [pelanggan target], [merek Anda] adalah [definisi pasar] yang memberikan [manfaat] untuk [alasan].‎

Sumber :