7 Cara Mengatasi Wifi IndiHome Lemot. Pasti Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lambat

wifi-indihome-lemot

Cepat tidaknya Wifi Indihome tergantung dari paket yang kita pilih saat kita mulai berlangganan. Nah bagaimana cara mengatasi wifi lemot di indihome saat kecepatan wifi anda turun 30 persen dari biasanya.
1. Pilih lokasi yang tepat untuk router

Router merupakan sarana transmisi sinyal WiFi, jadi kita perlu memperhatikan masalah letak router karena akan mempengaruhi kecepatan WiFi.

Misalnya, jika Anda menggunakan Wifi Indihome di rumah, letakkan router di ruangan yang dapat menutupi seluruh ruangan di rumah Anda dan jangan letakkan router di dekat logam atau perangkat yang memancarkan gelombang, karena ini akan mengganggu kecepatan WiFi. .
2. Ubah kata sandi WiFi secara teratur
Ubah kata sandi WiFi secara teratur Ubah kata sandi WiFi secara teratur

Mengapa kata sandi memengaruhi kecepatan jaringan? Ya, karena biasanya banyak perangkat yang mengetahui kata sandi WiFi kita. Ketika semua perangkat ini terhubung, kecepatan WiFi juga akan berkurang.

Jadi rutin mengganti password adalah langkah yang tepat untuk mengetahui perangkat mana saja yang boleh kita sambungkan.
3. Ganti saluran WiFi

Banyak pengguna Indihome Wifi yang tidak tahu kalau kita bisa mengganti channel saat wifi terasa lemot.

Secara default, saluran router kami diatur secara otomatis oleh sistem, tetapi mengubah saluran secara manual sangat efektif untuk menemukan saluran yang lebih cepat.
4. Nyalakan ulang router

Sebagai pengguna Indihome Wifi, ini langkah yang paling sering saya lakukan saat wifi lemot, yaitu me-restart router.

Restart router ini memiliki beberapa keuntungan yaitu router mendapatkan IP yang baru, sehingga cache juga terhapus, yang meningkatkan kinerja router kembali.
5. Ubah mode WiFi ke 802.11n saja
Ubah mode WiFi Ubah mode WiFi 802.11n saja

Ubah pengaturan “Mode” router Anda ke “Wi-Fi 802.11n saja”. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan Wifi Indihome karena beralih ke frekuensi 5GHz, tetapi memiliki kelemahan yaitu perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi dapat terhubung terbatas.

Secara default, rooter kami menyetel mode 802.11b, hanya saja kecepatan dan jaraknya cukup rendah, tetapi lebih banyak perangkat dapat dihubungkan.

Itulah beberapa cara mengatasi wifi lemot di indihome, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Sumber :